Belasan Industri Kecil Menengah Sudah Menggunakan KITE IKM

Belasan Industri Kecil Menengah Sudah Menggunakan KITE IKM

PENDAMPINGAN : Bea Cukai Purwokerto melakukan pendampingan kepada IKM mengekspor produknya. (FOTO : Mahdi/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bea Cukai Purwokerto telah mendorong belasan pelaku usaha menggunakan KITE IKM. Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Industri Kecil dan Menengah (IKM) ini bertujuan agar produk-produk lokal bisa diekspor. 

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Bea Cukai Purwokerto Tommy Pramugia mengatakan hingga kini setidaknya sudah ada delapan pabrik besar yang menggunakan KITE IKM. 

"Serta ada belasan Industri Kecil Menengah (IKM)," katanya. 

Dia menjelaskan, kebanyakan yang menggunakan KITE IKM ini seperti industri bulu mata, rambut palsu, dan beberapa lainnya. 

BACA JUGA:Bea Cukai Purwokerto Dorong Produk Lokal ke Pasar Global

"Sejauh ini banyak di Purbalingga. Namun, tak dipungkiri jika potensi di Banyumas itu juga ada. Maka inilah yang didorong," tuturnya. 

Selain menghemat biaya, KITE IKM juga secara tidak langsung berpotensi menyerap tenaga kerja serta meningkatkan output dan keuntungan perusahaan. Sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan di pasar internasional. 

"Dengan tujuan akhir tentu saja untuk meningkatkan level perusahaan yang tadinya IKM menuju perusahaan yang lebih besar lagi," tandasnya. (mhd)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: