Evakuasi Sarang Tawon Raksasa di Padamara, Butuh Waktu Sampai Subuh

Evakuasi Sarang Tawon Raksasa di Padamara, Butuh Waktu Sampai Subuh

Jumbo : Sarang tawon vespa usai dievakuasi Wahyu Prayoko, Minggu 5 Maret 2023 dinihari.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Sarang Tawon Vespa yang diduga sudah membahayakan manusia, akhirnya dievakuasi tim dari BPBD PURBALINGGA, Sabtu 4 Maret 2023 tengah malam hingga Minggu 5 Maret 2023 dinihari.

Evakuasi sarang berukuran raksasa di salah satu SPBU di Padamara  itu membutuhkan waktu hingga hampir subuh. 

"Kesulitannya, ketinggian sampai 10 meter dari  bawah pohon. Ukuran pohon kecil dan sarang harus aman tidak pecah atau rusak saat evakuasi," jelasnya sembari menambahkan hanya ditemani satu orang, Khabib Maulana, Minggu pagi kemarin.

Wahyu mengungkapkan, ia menggunakan 4 kapolding dan disambung dengan tangga susun. Tantangan itu yang memakam waktu cukup lama.

Lebih lanjut diceritakan, sarang lebah harus dievakuasi malam. Karena akan lebih mudah dan penanganan akan maksimal. Usai menerima perintah evakuasi, ia langsung meluncur 

Tahapannya, ia naik ke dekat sarang dengan membawa semprotan berisi premium serta kapas. Kapas yang sudah dibasahi premium itu ditutupkan di lubang sarang sampai beberapa menit.

“Usai sarang kami kuasai dengan menutup lubangnya, maka tawon akan lemas oleh bau menyengat premium. Lalu kami ambil menggunakan karung plastik bersama sarangnya. Baru ditutup dan dibawa turun,” kata pria yang biasa memimpin tim ini.

Rupanya tak semudah yang dilihat orang, evakuasi sarang tawon besar membutuhkan keberanian dan trik tersendiri. Bahkan ia dan dua rekan lainnya seperti kerap merasakan sengatan tawon saking seringnya evakuasi. 

"Kami bawa sarang itu untuk dimusnahkan di bawah," ujarnya. (amr)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: