Penataan Kota Lama Banyumas Tetap Dirancang Dalam Tiga Segmen

Penataan Kota Lama Banyumas Tetap Dirancang Dalam Tiga Segmen

Salah satu rumah tua yang sudah dibenahi ada di sudut jalan Pungkuran Kecamatan Banyumas (dok/27/5/2022). Revitalisasi Kota Lama Banyumas mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat. (Dimas Prabowo/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Anggaran untuk penataan kota lama Banyumas naik dari Rp 9 miliar menjadi Rp 15 miliar. Penataan kota lama, akan tetap berfokus pada tiga segmen. 

 

Kabid Penataan Ruang DPU Banyumas, Imam Wibowo mengatakan, penataan akan fokus pada 3 segmen. Pertama, yaitu pemukiman antara Klenteng - Kantor Kecamatan. Pada titik ini, nantinya akan ada peningkatan kualitas jalan, penambahan pedestrian, lampu serta bangku. 

 

"Segmen dua, yaitu Komplek Kantor Kecamatan. Fokusnya, adalah penyempurnaan area belakang. Ada beberapa penyempurnaan dari bentukan yang sekarang," tuturnya. 

 

Sebab, di komplek kecamatan itu merupakan cagar budaya, sehingga perlu kehati-hatian menata di situ. 

 

Pada segmen tiga, yaitu di Alun-alun Banyumas. Di tempat ini, akan menambah beberapa fasilitas dan pedestrian. 

 

Sebelumnya, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan jika potensi wisata di Kecamatan Banyumas cukup tinggi. 

 

"Potensi wisata masih besar. Namun itu wisata budaya. Orang-orang asing suka dengan itu. Sebab di sana itu, banyak bangunan haritage. Sejarahnya juga banyak," tuturnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: