Empat Pusaka Dipertontonkan Pada Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Banyumas

Empat Pusaka Dipertontonkan Pada Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Banyumas

Pasukan pembawa Pusaka Keris Sempono Bener melintas di jembatan Bung Karno Purwokerto (19/2/2023). Kirab Pusaka hari jadi Kabupaten Banyumas ke 452 ini merupakan kirab pertama yang digelar setalah dua tahun vakum karena pandemi. (Dimas Prabowo/Radar Banyu--

PURWOKERTO - Ribuan penonton memadati sepanjang jalan dilaluinya kirab pusaka, di Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto, Minggu (19/2).

Kirab dimulai pukul 09.00 WIB dari halaman Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati. Setelah itu peserta kirab menyusuri jalan Jenderal Sudirman menuju ke Pendapa si Panji Purwokerto. Jarak tempuhnya kurang lebih sekira 2 km.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Banyumas, Wakhyono mengatakan ada empat pusaka yang dipertontonkan.

"Yaitu, tombak Kiai Genjring, keris Kiai Gajah Endro, keris Kiai Nalapraja, dan keris Kiai Sempana Bener," kata dia.

Selain itu, yang berbeda dari sebelumnya adalah disepanjang jalan yang dilalui kirab,  dipasang penjor Janur Kuning. Yang mana penjor ini berasal dari masing masing OPD dan nantinya dilombakan.

Dalam kegiatan tersebut, diikuti oleh bupati beserta jajaran, anggota forkompinda, pimpinan dan anggota DPRD. Juga, kepala dinas/instansi, camat, kepala desa/kelurahan, dan warga masyarakat. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: