Warga Antusias Sambut Kirab Pusaka Purbalingga

Warga Antusias Sambut Kirab Pusaka Purbalingga

Sumringah : Bupati dan suami, Rizal Diansyah menyapa warga saat Kirab Pusaka, Senin 18 Desember 2023.- Amarullah Nurcahyo/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Kirab pusaka Kabupaten PURBALINGGA, Senin 18 Desember 2023 siang, menjadi tontonan yang ditunggu masyarakat PURBALINGGA dan sekitarnya. Sejak pagi usai acara Pahargyan Agung Hari ke 193 Kabupaten PURBALINGGA, pusaka dan rombongan bupati diberangkatkan.

Ruas jalan seputar kota menjadi rute arak-arakan. Pasukan Keraton Solo diikuti kereta kuda bupati dan rombongan serta delman para pejabat mulai berkeliling. Ditambah ratusan kepala desa naik becak ikut memeriahkan kirab pusaka itu.

"Ini jadi tontonan yang hanya berlangsung setahun sekali. Anak-anak juga senang, karena melihat pakaian adat dan pasukan dari keraton. Para pejabat juga bupati mengenakan pakaian adat," kata salah satu warga Widiati, Senin 18 Desember 2023 siang.

Heri, warga lainnya mengungkapkan acara seperti ini lebih meriah jika ditampilkan kesenian khas Purbalingga. Namun biasanya sudah ada di Pawai Agustusan.

BACA JUGA:Meriah, Masyarakat Penuhi Kirab Pusaka Hari Jadi Purbalingga

"Lumayan untuk menghibur anak-anak. Siswa sekolah menjelang libur juga ada tontonan unik," ujarnya.

Usai kirab, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengungkapkan, Kirab Pusaka ini juga sebagai ajang edukasi. Termasuk pasukan dari Keraton Solo ada kereta dari sana. "Harapannya generasi muda lebih cinta pada sejarah Purbalingga, lalu ikut berpatisipasi membangun Purbalingga," katanya.

Sementara itu sehubungan dengan tema hari jadi “Dengan semangat persatuan dan kesatuan, mari kita ciptakan pemilu yang berkualitas, aman, damai dan kondusif, guna terwujudnya masyarakat Purbalingga yang adil, makmur dan sejahtera.”

Pihaknya berharap tahun politik tidak akan menjadikan masyarakat Purbalingga terpecah belah, akan tetapi semakin menyatukan dalam bingkai semangat persatuan & kesatuan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: