Keris Senjata Legendaris dan Mistis Warisan Asli Budaya Indonesia

Keris Senjata Legendaris dan Mistis Warisan Asli Budaya Indonesia

keris, senjata warisan budaya asli Indonesia-Detik.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Keris adalah salah satu senjata yang populer dan antik yang berasal dari Indonesia. Sudah sejak abad ke-9 Keris sudah dikenal masyarakat dan menjadi populer di kalangan masyarakat.

UNESCO sudah menetapkan keris sebagai senjata asli milik Indonesia dan sebagai warisan budaya dunia non bendawi. Tak hanya digunakan sebagai senjata, keris juga kerap dikaitkan dengan hal mistis dan dipercaya memiliki kekuatan supranatural.

Di pulau jawa keris sudah dikenal sejak zaman kerajaan mataram hindu. Keris pada zaman dulu dianggap dapat menambah kebesaran atau kegagahan seorang raja yang berkuasa. Dengan bentuknya yang mungil, raja selalu membawanya pergi kemanapun ia mau, sehingga keris menjadi pusaka yang harus raja bawa selalu kemanapun ia pergi.

Semakin berkembangnya zaman, keris tidak hanya dimiliki oleh raja saja, secara bertahap masyarakat juga bisa memiliki benda pusaka ini. Semua ini bermula dari seorang prajurit yang berprestasi dan dihadiahi raja sebuah pusaka keris. Kemudian lama kelamaan dan zaman makin berkembang, keris bisa dimiliki oleh masyarakat biasa.

BACA JUGA:Empat Pusaka Dipertontonkan Pada Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Banyumas

BACA JUGA:Kenalkan Warisan Budaya, Cilacap 44 Pusaka Dipamerkan

Mengenal Keris Senjata Tradisional

Keris, merupakan sebuah senjata yang terinspirasi dari kebudayaan lokal yang menyimpan banyak sekali hal mistis. Senjata keris digarap oleh seorang pengrajin senjata dengan detail dan rumit. Keris ini juga mengandung nilai-nilai kebudayaan di setiap ukirannya.

Keris sendiri diambil dari bahasa jawa kuno yakni "kris" yang artinya adalah menghunus. Keris bisa diartikan sebagai senjata perang jarak pendek. Keris ini tak hanya populer dan digunakan di Jawa saja, namun ada digunakan juga di kawasan pulau jawa, sunda, bahkan hingga pulau sumatera.

Fungsi keris

Tidak lupa dengan identitas aslinya, fungsi utama keris yaitu sebagai senjata tradisional. Namun pada saat ini keris sudah lebih dari sekedar senjata, keris bisa dialih fungsikan menjadi kelengkapan baju adat jawa ketika menikah dan koleksi benda antik. Keris juga sering dimanfaatkan dalam kegiatan manusia seperti perlengkapan pertunjukkan wayang kulit, pertunjukkan ketoprak, pertunjukkan budaya, acara bersih desa, dan lain sebagainya.

Kegunaan keris bagi masyarakat bermacam-macam, awal mulanya keris digunakan sebagai senjata tikam di medan perang. Namun dalam perkembangan zaman keris sudah dialih fungsikan sebagai tosan aji bukan lagi senjata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: