PIP Jenjang SD Tahun 2022 Serap Pencairan Lebih Dari Rp 4 Miliar, Ini Rinciannya

PIP Jenjang SD Tahun 2022 Serap Pencairan Lebih Dari Rp 4 Miliar, Ini Rinciannya

Kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa di salah satu SD di-DOK.AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Penyerapan penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) jenjang sekolah dasar (SD) di Kabupaten PURBALINGGA tahun 2022 mencapai lebih dari 4 miliar. Jumlah itu dari 10 ribu lebih siswa SD di 18 Kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Trigunawan Setiyadi menjelaskan, program itu menyasar semua siswa yang masuk dalam data pokok pendidikan (dapodik). 

"Masih ada syarat lain, kriteria penerima juga dari keluarga tidak mampu ditunjukkan dengan kartu kesejahteraan sosial atau masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," katanya, Minggu 12 Februari 2023.

BACA JUGA:Piala Suratin U-15, Persibangga Hadapi Laga Pemungkas Lawan PS Ebod Jaya

Saat didaftar oleh sekolah melalui operator dapodik, siswa akan dicek melalui DTKS. Sehingga layak atau tidaknya akan kelihatan secara online.

"Untuk jenjang siswa SD menerima Rp 250 ribu per semester. Sehingga setahun Rp 459 ribu," rinci Gunawan.

Ia juga mengungkapkan, untuk tahun 2023 pencairan masih tetap melalui bank yang ditunjuk. Lalu jika sudah cair, bisa digunakan untuk keperluan anak sekolah.

BACA JUGA:Penerapan UMK 2022 98,19 Persen, Ini Jumlah Penerimanya

Agus Priyadi, salah satu orangtua siswa penerima mengungkapkan, pengalaman tahun lalu, dirinya mengecek ke bank yang ditunjuk diterimakan setahun 1 kali yaitu Rp 450 ribu.

"Saat masih pandemi sempat tak jelas. Namun pada saat dicek di tahun 2022, ada dana masuk Rp 1.350.000. Saya anggap itu dirapel 3 tahun selama pandemi dan tahun sebelumnya," ujarnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: