Budaya Literasi Siswa Belum Optimal, Ini Upaya Dinarpus Purbalingga

Budaya Literasi Siswa Belum Optimal, Ini Upaya Dinarpus Purbalingga

Ruang Baca di Perpustakaan daerah yang representatif dan nyaman digunakan pengunjung perpustakaan daerah Purbalingga.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Budaya literasi, seperti baca dan tulis siswa di Kabupaten PURBALINGGA belum optimal. Artinya, masih harus dipacu dengan berbagai upaya,termasuk dari sekolah dan dukungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten PURBALINGGA.

Sekretaris Dinarpus Purbalingga, Hj Mahmudah mengungkapkan, pihaknya sudah mengupayakan prasarana dan sarana di gedung perpus yang baru. Lalu mempersilakan sekolah untuk mengagendakan siswa mereka berkunjung belajar di perpustakaan.

"Kalau di perpustakaan sekolah masing- masing-masing kan terbatas koleksi bukunya. Nah untuk mendukung kami siapkan perpustakaan keliling yang menaikkan minat membaca dan literasi siswa di sekolah masing-masing," katanya, Senin 6 Februari 2023.

BACA JUGA:Relokasi SMP N 4 Sumbang Harus Sudah Dimulai

Budaya literasi di Kabupaten Purbalingga bukan rendah, namun sedang dioptimalkan agar mampu membiasakan siswa gemar membaca.

"Kami siap membantu sekolah, siswa saat jam pelajaran maupun hari umumnya, untuk memfasilitasi mereka membaca di perpustakaan umum daerah," tegasnya.

BACA JUGA:Sering Banjir Saat Hujan Turun, Pasar Kawunganten Butuh Perbaikan Menyeluruh

Saat ini tak kurang dari 86 ribu koleksi judul buku, kini tersedia di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Purbalingga. Mulai buku fiksi, pengetahuan umum,komik, novel,Iptek,cerpen remaja, dan lainnya termasuk karya penelitian dan akses online di komputer. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: