Dapat Uang Dollar dari TikTok Model Ngemis, Eksploitasi Lansia, Ini Kata Risma yang Geram: Lapor Satpol PP

Dapat Uang Dollar dari TikTok Model Ngemis, Eksploitasi Lansia, Ini Kata Risma yang Geram: Lapor Satpol PP

Belakangan ini, live TikTok untuk menghasilkan uang dollar makin beragam kontennya. Uang dollar dari orang yang menonton live TikTok dalam bentuk gift pun terus dicari dan dikejar.-Foto Dok Radar Banyumas -

Edaran Mensos juga mengatur tindakan yang harus dilakukan jika menemukan kegiatan eksplotasi.

Pemerintah daerah dan masyarakat diminta melaporkan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Satuan Polisi Pamong Praja. 

Laporan dilakukan apabila menemukan kegiatan mengemis dan/atau eksploitasi para lanjut usia, anak, penyandang disabilitas, dan/atau kelompok rentan lainnya. 

BACA JUGA:5 Desa Bakal Laksanakan Pemilihan Kades Antarwaktu

Tidak hanya itu, Pemda diminta untuk memberikan perlindungan, rehabilitasi sosial, dan bantuan kepada para lanjut usia, anak, penyandang disabilitas, dan/atau kelompok rentan lainnya yang telah menjadi korban eksploitasi melalui mengemis, baik yang dilakukan secara offline maupun online di media sosial. 

Lansia adalah salah satu kluster yang menjadi tanggung jawab Kementerian Sosial. 

Karena itu, adanya fenomena ini menjadi perhatian Menteri Sosial.

BACA JUGA:2023, Ini Cara Daftar Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Melalui SNPMB, Jadi Pengganti SNMPTN

Dalam beberapa kesempatan, Mensos mengatakan bahwa lansia berperan besar dalam membesarkan anak dan keturunannya. Oleh karena itu, lansia tidak boleh ditelantarkan, apalagi dieksploitasi.

Kemensos melalui Sentra Rehabilitasi Sosial yang tersebar di daerah juga memberikan berbagai program perlindungan, jaminan dan perlindungan, serta layanan asistensi rehabilitasi sosial bagi lansia terlantar. 

BACA JUGA:Wah, Ada Produksi Lato-Lato di Banyumas, Lokasinya di Kebarongan

Selain itu, Kemensos sendiri memiliki berbagai program untuk kesejahteraan lansia. Salah satu yang terbaru adalah bantuan permakanan bagi lansia tunggal. (ttg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: