Ini Kekurangan TikTok Shop yang Wajib Kamu Ketahui dan Cara Mengatasinya

Ini Kekurangan TikTok Shop yang Wajib Kamu Ketahui dan Cara Mengatasinya

Selain memiliki kelebihan, TikTok Shop juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu perhatikan.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Seperti yang sudah kalian tau bahwa TikTok Shop adalah salah satu fitur platform yang sedang naik daun untuk para pengguna menjual produk jualannya.

Namun, sama seperti platform lain pada umumnya, TikTok Shop juga pastinya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib kamu pertimbangkan sebelum memulai berjualan di platform tersebut.

Setelah kemarin kita sudah membahas kelebihan TikTok shop, kali ini kita akan membahas kekurangan TikTok shop yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan Tiktok Shop

Meski TikTok Shop mempunyai kelebihan yang menguntungkan, namun disisi lain TikTok Shop juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa kekurangan TikTok shop yaitu:

BACA JUGA:Ini Kelebihan TikTok Shop yang Wajib Kamu Ketahui

BACA JUGA:Berjualan dengan Cuan Melimpah Melalui TikTok Live: Tips dan Trik

1. Proses Persetujuan Lama

Salah satu kekurangan yang pastinya akan kamu temukan di TikTok Shop adalah proses persetujuan yang cumemakan waktu lumayan lama.

Ketika kamu sebagai seorang penjual atau ketika ada sebuah sebuah brand yang ingin memasukkan produknya ke platform TikTok Shop, maka hal ini harus melalui proses persetujuan dan juga proses verifikasi.

2. Publishing Produk Lama

Selain proses persetujuan yang memakan waktu cukup lama, TikTok Shop juga memiliki kekurangan lainnya yaitu terkait dengan rilis produk yang lambat.

Ketika produk kamu di nyatakan lolos proses persetujuan TikTok Shop. Setelah itu akan ada proses selanjutnya yang memungkinkan produk tersebut tidak langsung ditampilkan dan tidak bisa langsung tersedia untuk di beli di TikTok Shop.

BACA JUGA:Kenali 11 Kategori Konten Yang Dilarang Diunggah Di TikTok Shop

BACA JUGA:Menghasilkan Uang dari Konten, Yuk! Daftar Tiktok Affiliate

3. Hasil Penjualan Tidak Langsung Masuk Saldo Penjual

Salah satu kekurangan lain yang dari platform ini yaitu penyaluran dana atau hasil penjualan yang tidak langsung masuk ke saldo penjual alias tertunda. 

Setelah penjual berhasil menjual produk melalui TikTok Shop, hasil penjualannya biasanya tidak langsung tersedia di saldo atau rekening penjual.

4. Proses Transfer Saldo Ke Rekening Lama

Kekurangan TikTok Shop selanjutnya yaitu proses transfer saldo ke rekening bank yang lama, karena melibatkan beberapa langkah yang harus di ikuti penjual. Penjual harus memverifikasi dan memberikan informasi yang di perlukan, seperti nomor rekening, nama bank, dan juga data identifikasi lainnya.

Setelah itu barulah TikTok shop kemudian melakukan proses verifikasi dan pengecekan sebelum mentransfer saldo ke rekening bank yang terdaftar.

BACA JUGA:Tips Mudah Menjadi Reseller di TikTok Shop, Media Sosial yang Sedang Booming

BACA JUGA:Bersaing Dengan Shopee dan Tokopedia, Inilah Keuntungan Menggunakan TikTok Shop

5. Harga Kompetitif

Saat menjual produk melalui platform TikTok Shop, salah satu faktor penting lainnya yang harus kamu pertimbangkan sebagai penjual adalah penawaran harga yang kompetitif.

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif ini, penjual harus menetapkan harga yang tepat agar bisa memengaruhi daya tarik produk kamu sebagai penjual dan juga agar penjualan di TokTok Shop berhasil.

Jika sudah mengetahui kekurangan dari platform TikTok SHop seperti yang disebutkan diatas, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya.

1. Mengoptimalkan Katalog Produk

Sebagai penjual kamu harus mengoptimalkan katalog produk yang kamu jual karena itu merupakan langkah utama untuk meningkatkan penjualan di TikTok Shop.

BACA JUGA:TikTok Shop Dilarang di Indonesia, Atmosfer Sehat dalam Perdagangan Online dan Offline?

BACA JUGA:Cara Mendaftar Menjadi TikTok Shop Seller dan Syaratnya

Dengan mengatur dan menampilkan produk secara tertata dan menarik, kamu sebagai penjual akan dapat menarik calon pembeli dan meningkatkan konversi penjualan.

2. Undang Pembeli Ke Tiktok Shop

Langkah penting selanjutnya adalah kamu harus mengundang pembeli ke TikTok Shop. Hal tersebut merupakan langkah penting dalam meningkatkan trafic atau lalu lintas konversi penjualan.

Kamu bisa menarik calon pembeli untuk mengunjungi dan berbelanja di akun TikTok Shop kamu.

3. Promosi Tanpa Henti

Promosi yang tiada henti juga menjadi salah satu upaya dengan intensitas tinggi untuk memperkenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan di TikTok Shop kepada target pasar.

Tujuan dari promosi ini yaitu untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, dan juga memperluas jangkauan pelanggan.

BACA JUGA:Inovasi Terbaru TikTok Shop, Transformasi E-Commerce di Era Digital

BACA JUGA:Cara Membatalkan Pemesanan di Tiktok Shop, Mudah dan Dijamin Berhasil!

4. Bermitra Dengan Influencer

Cara terakhir adalah bermitra dengan influencer. Hal ini menjadi cara efektif untuk mempromosikan produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Seperti yang kamu tau influencer sangat memiliki pengaruh yang signifikan di media sosial. Jadi dapat dipastikan jika kamu bekerja sama dengan influencer yang sesuai dengan target pasarmu, maka kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Itu tadi beberapa kekurangan TikTok Shop dan cara mengatasinya yang wajib kamu ketahui. Jika kamu sudah mengetahui kekurangan yang ada, maka kamu harus langsung mengatasinya dengan cara di atas. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: