Pelaksanaan Pelatihan Prakerja Tunggu Pendaftaran di LPK

Pelaksanaan Pelatihan Prakerja Tunggu Pendaftaran di LPK

Para calon peserta pelatihan di UPTD BLK Purbalingga saat mengisi daftar hadir sebelum pelatihan tahun 2022 lalu.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pelaksanaan pelatihan bagi para penerima Program Prakerja di Kabupaten PURBALINGGA, masih menunggu kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Ketrampilan (LPK) yang terdaftar resmi di dinas.

"Mekanismenya kemungkinan LPK yang mencari peserta. Lalu berkoordinasi dengan UPTD BLK untuk pengalokasian biayanya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Purbalingga, Heriyanto melalui Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK), Bambang Purwito, Senin 16 Januari 2023 siang ini.

LPK yang menangani pelatihan ini dari lembaga lokal.

BACA JUGA:Waduh, 17 Sapi di Purbalingga Terindikasi Terjangkit LSD, Dinpertan Purbalingga Minta Peternak Sapi Waspada

Harapannya ada kerjasama penyaluran usai dididik ke perusahaan yang bekerjasama dengan bagian personalia (HRD,red) perusahaan bersangkutan. 

Sebagai gambaran, saat prakerja masih dikelola langsung Dinaker pada 2022 lalu, penyaluran bekerja dilakukan oleh perusahaan lokal seperti pengusaha minimarket, dan warung kecil lainnya. 

"Selain penerima prakerja, peserta pelatihan reguler kebanyakan sudah disalurkan ke perusahaan sepeda motor maupun perusahaan waralaba lainnya," tambahnya.

BACA JUGA:Cek! 12 Twibbon Imlek 2023, Bakal Bikin Medsosmu Makin Meriah

Kepala Desa Klapasawit Kecamatan Kalimanah, Catur Sutanto mengatakan, tahun 2022 lalu warganya banyak yang menerima kartu Prakerja.

Namun rata-tata penerima kartu prakerja kalau sudah diterima, tidak melaporkan ke desa.

BACA JUGA:Pemeliharaan dan Peningkatan Kondisi Jalan, Pemkab Cilacap Sebut Anggaran Rp 92 Miliar

"Model tahun ini katanya berbeda,kalau dulu disuruh belajar dari video, saat ini ada banyak praktek dan tatap muka. Sayangnya dari dulu  desa tidak bisa mendapat data jumlah penerima setiap tahun," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: