Tingkatkan Kesejahteraan, PLN Berikan Bantuan Pasang Baru Listrik Untuk 100 Warga Bumisari, Purbalingga

Tingkatkan Kesejahteraan, PLN Berikan Bantuan Pasang Baru Listrik Untuk 100 Warga Bumisari, Purbalingga

SALURKAN BPBL: (Kiri ke Kanan ) Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Bapak M.P. Dwinugroho (kemeja biru navy), Rofik Hananto Anggota Komisi 7 DPR RI (kemeja putih), Senior Manager Niaga Ari Prasetyo Nugroho (PLN) (biru navy) berfoto bersama s-Foto PLN untuk Radarmas -

PURWOKERTO - Pemerintah melalui PLN memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) untuk 104 warga kurang mampu di Desa Bumisari, Bojongsari Kabupaten Purbalingga, Senin, (31/10). Bantuan tersebut merupakan wujud komitmen PLN dalam membantu mengentaskan kemiskinan khususnya di Provinsi Jawa Tengah.

Manajer PLN UP3 Purwokerto, Adi Dwi Laksono mengatakan, dalam mensukseskan program BPBL ini PLN turut bekerjasama dengan anak perusahaan PLN Icon+, Kementerian ESDM, Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

"Bantuan pasang baru listrik ini meliputi instalasi tenaga listrik dan biaya pemasangannya, biaya sertifikasi laik operasi, biaya penyambungan baru ke PLN, dan pengisian token listrik perdana. Para penerima manfaat adalah masyarakat kurang mampu yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata dia.

Ia menambahkan, program tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI (Permen ESDM) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu.

"Kehadiran listrik ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat untuk merintis usaha yang pada akhirnya berimbas kepada meningkatnya perekonomian," ucapnya. 

Disisi lain, Rofik Hananto mengatakan, pihaknya  mendapatkan masukan dari masyarakat itu, banyak yang punya listrik itu rata-rata pada nyambung tetangga, adik, kakak, orang tua. Itu menurutnya, berbahaya buat rumah,  

Tapi ini yang paling banyak mengetahui. Karena DTKS itu belum semuanya valid. Nah program ini alhamdulillah, kita bisa mencari rumah rumah yang belum berlistrik karena program BPBL itu amanah dari Pemerintah, no 3 tahun 2002. Apalagi daerah JAMALI, Jawa Madura Bali itu harus segera 100% terlistriki. Karena sumber energinya cukup, bahkan berlimpah. Saya sudah menyiapkan anggaran APBN, saya juga ucapkan terima kasih kepada pak Direktur dan pak Dirjen dan semuanya yang telah membantu," paparnya. 

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh EVP PPR Saleh Siswanto, Senior Manager Niaga Ari Prasetyo Nugroho, Manager PLN UP3 Purwokerto Adi Dwi Laksono, Ketua Komisi VII DPR RI H. Rofik Hananto, dan Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P.Dwinugroho. Dalam acara tersebut diserahkan juga bantuan sembako 100 paket, pulsa listrik 100 orang masing-masing senilai 50.000. (aam/Ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: