Maju Provinsi, Desa Wisata Pekunden Banyumas Usung Tari Pekuncara

Maju Provinsi, Desa Wisata Pekunden Banyumas Usung Tari Pekuncara

Penari membawakan Tari Pekuncara untuk kategori atraksi budaya pada lomba desa wisata tingkat provinsi, Kamis (13/10) di halaman Oemah Joglo. - Foto Fijri/Radarmas---

BANYUMAS-Desa Wisata Pekunden Kecamatan Banyumas terpilih untuk mewakili Kabupaten Banyumas ke provinsi. Terdapat 36 kabupaten/kota pada lomba desa wisata tingkat provinsi.

Analis Objek Wisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Dhimas Nurseto Adi menjelaskan Pekunden mengusung Tari Pekuncara untuk kategori atraksi budaya. Pada Kamis (13/10) dilakukan pendokumentasian atraksi budaya di halaman Oemah Joglo.

"Tari Pekuncara kepanjangannya Pekunden Kuncara. Tari menceritakan tentang sejarah berdirinya Desa Pekunden hingga sekarang," terang Analis Objek Wisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Dhimas Nurseto Adi.

BACA JUGA:Tol Jogja - Cilacap Diselesaikan Terlebih Dulu, Tahun Depan Dimungkinkan Masuk Lelang

Secara singkat Tari Pekuncara diawali dari masa bupati pertama Banyumas R. Joko Kaiman. Lalu, Joko Kaiman bertemu dengan eyang Yudhakarsa di komplek pohon tembaga.

Tari Pekuncara juga menceritakan perkembangan desa yang memiliki banyak potensi terutama kreativitas masyarakat. Hingga pada 2021 Desa Pekunden ditetapkan menjadi desa wisata kreatif.

Dengan semangat Wisanggeni membawa Pekunden semakin guyub, murub dan ngangeni bagi wisatawan.

BACA JUGA:Ngeri, di Jatisaba Cilongok, Tanah Amblas 2 Meter, Satu Rumah Roboh dan Akses Jalan Putus

"Mengangkat Tari Pekuncara sebagai kearifan lokal dan kekuatan yang ada di desa. Sejarah Desa Pekunden sangat kuat karena desa pertama yang didirikan oleh Joko Kaiman setelah membangun pusat pemerintahan kadipaten Banyumas," papar Dhimas.

BACA JUGA:Resmi Tersangka, Billar Disebut Kerap Lakukan KDRT

Meskipun diguyur gerimis, pendokumentasian tetap berjalan. Tim semangat mengupayakan yang terbaik untuk maju ke provinsi. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: