Museum Wayang Banyumas Lakukan Pembaruan Deskripsi

Museum Wayang Banyumas Lakukan Pembaruan Deskripsi

Pengelola Museum Wayang Banyumas sedang menata ulang letak deskripsi koleksi yang di pajang di vitrin.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Museum Wayang Banyumas di tahun anggaran 2024 ini, terus melakukan pembenahan. Kali ini pembaruan pada deskripsi koleksi.

"Kami update deskripsi koleksi. Seperti pada wayang suket, pelakunya (dalang.red) sudah meninggal dunia," jelas Sub Koordinator Purbakala dan Permuseuman Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Arif Rachman, Minggu (21/4).

Deskripsi koleksi sejumlah wayang yang dipajang di vitrin Museum Wayang Banyumas semula menggunakan styrofoam. Lalu, diganti dengan arkelic. Sehingga, tampilan anyar terlihat lebih bagus. 

Tata letak deskripsi juga mengalami perubahan. Dari sebelumnya di tempel di dinding di vitrin. Setelah diganti dari styrofoam menjadi arkelic diletakan di bawah.

BACA JUGA:Pengunjung Museum Wayang Banyumas Sepi Kunjungan Saat Libur Lebaran

BACA JUGA:Museum Wayang Banyumas Lakukan Pembaruan Label Koleksi

"Deskripsi koleksi mudah dibaca dan informatif," sambung Rachman.

Informasi di dalam deskripsi tiap koleksi Museum Wayang Banyumas kebanyakan ditambah. Sehingga, lebih lengkap dari sebelumnya.

Pengunjung yang datang masuk ke gedung utama Museum Wayang Banyumas bisa langsung membaca sendiri kisah koleksi di deskripsi. Apabila ingin berdiskusi lebih lanjut, ada staf pengelola yang juga sebagai pemandu wisata siap melayani pengunjung. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: