Tergerus Sungai, Jembatan Penghubung Terputus di Banjarnegara

Tergerus Sungai, Jembatan Penghubung Terputus di Banjarnegara

Jembatan Kali Santen yang berada di RT 04 RW 01 Dusun Sudikampir Desa Pasuruhan Kecamatan Karangkobar terputus, Selasa (16/8)-Foto RAPI untuk Radarmas -

BANJARNEGARA - Jembatan penghubung di RT 04 RW 01 Dusun Sudikampir Desa Pasuruhan Kecamatan Karangkobar terputus. Penyebabnya pondasi jembatan tersebut tergerus aliran air Kali Santen.

Kasatgaskom RAPI Wilayah 33 Banjarnegara Tejo Sumarno mengatakan jembatan ambruk karena derasnya aliran air Kali Santen yang banjir.

"Jembatan ambruk pada Selasa 16 Agustus 2022," ungkapnya. Jika turun hujan deras, debit air Kali Santen meningkat drastis. 

Sehari sebelum jembatan terputus, terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. 

"Pada hari Senin tanggal 15 Agustus 2022 pukul16:00 WIB turun hujan dengan intensitas tinggi sampai dini hari," jelasnya. Hujan deras dalam durasi lama menyebabkan debit air Kali Santen naik dan menggerus dinding sungai. 

Akibat dari kejadian ini, jembatan penghubung antar RT dan juga jalur usaha tani terputus. Sedikitnya lima rumah dengan 17 jiwa terisolir karena jembatan penghubung yang selama ini mereka gunakan ambruk. Para petani juga kesulitan menuju ke ladang atau mengangkut hasil pertaniannya karena putusnya jembatan ini.(drn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: