Perbaikan Jembatan Karang Diusulkan Rp 1 M, Tapi di Tahun 2025

Perbaikan Jembatan Karang Diusulkan Rp 1 M, Tapi di Tahun 2025

Tutup : Meski Jembatan Sungai Karang ditutup total, namun kendaraan sepeda motor tetap melintas.-Pemdes Grantung untuk Radarmas -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kerusakan jembatan Sungai Karang masuk wilayah Desa Grantung- Pekiringan Kecamatan Karangmoncol sejak awal Januari 2024, belum diperbaiki. Rencana diusulkan anggaran Rp 1 Miliar, namun di APBD 2025 mendatang.

"Dinas sudah bersurat kepada Bupati terkait laporan kerusakan dan usulan kegiatan di tahun berikutnya (2025,red)," kata Kabid Bina Marga DPU PR Kabupaten Purbalingga, Gunawan Wibisono, Minggu 14 Januari 2024 sore.

Alasan penganggaran di tahun 2025 karena kejadian kerusakan itu ada di awal tahun anggaran 2024. Ketika akan diusulkan di Perubahan APBD 2023, dikhawatirkan waktunya mepet dan masih masuk penghujan.

"Kebijakan kami, jembatan itu tetap ditutup total. Namun jika saat ini masyarakat masih tetap menggunakan sepeda motor, maka harus ekstra hati-hati. Tetap saran kami ditutup total," tegasnya.

BACA JUGA:Warga Nekat Melintas di Jembatan Sungai Karang

BACA JUGA:Jembatan Sungai Karang Ambles, Akses Dua Desa Terhambat

Sementara itu, Pemerintah Desa Grantung, Karangmoncol akhirnya membuka akses melalui jembatan Sungai Karang. Namun jika hujan deras turun, akses ke jembatan kembali ditutup.

Kasi Pemerintahan Desa Grantung, Iwan Supriyatno menjelaskan, belum ada penanganan tindaklanjut usai dicek dinas. Masyarakat juga tetap menggunakan jembatan itu untuk melintas dengan sepeda motor.

Lebih lanjut dikatakan, warga juga diminta tidak nekat saat sedang banjir melintas. Kemudian sepeda motor tidak untuk muatan yang melebihi batas.

Seperti diberitakan, rusaknya jembatan Sungai Karang Perbatasan Desa Grantung dengan Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol, menyisakan kesulitan warga. Mereka tetap nekat melintas meski jembatan sudah ditutup total sejak paska kejadian. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: