13 Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah Berkumpul Jalani Tes Kesehatan

13 Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah Berkumpul Jalani Tes Kesehatan

Penyerahan berkas bakal pasangan calon Bupati Banyumas, helang tahapan pemeriksaan kesehatan, Sabtu (31/8/2024).-KPU PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 13 pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dari enam kabupaten di Banyumas Raya serta Wonosobo menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Margono Soekarjo, PURWOKERTO, pada Sabtu (31/8/2024). 

Pemeriksaan kesehatan ini melibatkan 26 orang yang merupakan bakal calon bupati dan wakil bupati dari kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, dan Wonosobo. 

RS Margono Soekarjo dipilih sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Pemeriksaan tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, dari 31 Agustus hingga 1 September 2024, dengan melibatkan 38 dokter spesialis dari berbagai bidang. 

Wakil Direktur Pelayanan dan Kerjasama RS Margono Soekarjo, Drg. Lucas Pedro, menjelaskan bahwa tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengevaluasi kondisi kesehatan para calon, mengingat pentingnya mereka dalam memimpin daerah selama lima tahun ke depan.

BACA JUGA:Usai Penggerebekan Pengedar Obat Terlarang, Warga Desa Karangsari Ingin Pelaku Dihukum Berat

"Pemeriksaan ini untuk memastikan kondisi kesehatan para calon kepala daerah," ujarnya. 

Para peserta tes kesehatan diinapkan di RS Geriatri guna mempersiapkan mereka secara optimal untuk pemeriksaan, yang meliputi berbagai aspek kesehatan.

"Mereka diwajibkan berpuasa dan beristirahat sebelum pemeriksaan dimulai. Hasil pemeriksaan ini akan menjadi dasar rekomendasi apakah pasangan calon dianggap fit atau tidak fit, layak atau tidak layak memimpin. Hasil rekomendasi ini dijadwalkan akan diumumkan pada 4 September," jelas Lucas.

Sementara, Ketua tim dokter pemeriksaan, dr. Yunanto Dwi, yang juga seorang spesialis penyakit dalam, mengatakan bahwa fokus pemeriksaan meliputi seluruh sistem organ tubuh, termasuk penyakit dalam, bedah, urologi, ortopedi, jantung, paru, gigi, THT, mata, dan patologi klinik. Proses pemeriksaan diawali dengan tes urine dari BNN, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan lainnya hingga malam hari.

BACA JUGA:Kekeringan di Purbalingga, 13 Desa di Sembilan Kecamatan Kekurangan Air Bersih

"Pemeriksaan ini bertujuan agar calon siap secara jasmani dan rohani," jelasnya. 

Proses pemeriksaan ini dilanjutkan dengan rapat pleno yang dijadwalkan pada Tiga September, di mana hasil pemeriksaan akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing Kabupaten untuk diumumkan pada tanggal Empat September 2024 nantinya.

Sebagai bagian dari proses, Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Rofingatun Khasanah, menyatakan bahwa pihaknya telah menyerahkan pasangan calon bupati dan wakil bupati kepada tim medis untuk menjalani pemeriksaan.

BACA JUGA:Kampanye Stop Judi Online Hingga Teatrikal Babad Arsantaka Semarakkan Pawai Kebangsaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: