Kekeringan di Purbalingga, 13 Desa di Sembilan Kecamatan Kekurangan Air Bersih

Kekeringan di Purbalingga, 13 Desa di Sembilan Kecamatan Kekurangan Air Bersih

AMBIL AIR: Warga mengambil air bersih dari kolam penampungan yang didistribusikan oleh BPBD Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Jumlah desa yang terdampak kekeringan atau kekurangan air bersih di Kabupaten Purbalingga, kembali bertambah. Saat ini, sudah ada 13 desa di sembilan kecamatan yang terdampak kekeringan.

Hal itu diketahui dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Sabtu, 31 Agustus 2024.

"Sudah 13 desa yang mengalami kekurangan air bersih di Kabupaten Purbalingga. Sejumlah desa tersebut tersebar di sembilan kecamatan," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Purbalingga Prayitno, Minggu, 1 September 2024.

Dijelaskan olehnya, jumlah desa dan kecamatan yang terdampak kekurangan air bersih pada musim kemarau ini, bertambah dibandingkan data pada 28 Agustus 2024 lalu.

BACA JUGA:Kekeringan di Kabupaten Purbalingga Semakin Meluas, Total 10 Desa Alami Kekurangan Air Bersih

BACA JUGA:Update Kekeringan di Purbalingga, Sembilan Desa Terdampak Kekurangan Air Bersih

Saat itu, jumlah desa yang terdampak baru berjumlah sepuluh desa, yang tersebar di delapan. Kecamatan.

Penambahan jumlah desa yang kekeringan tersebut adalah Desa Bandingan (Kecamatan Kejobong), Desa Slinga (Kecamatan Kaligondang), serta Desa Candinata (Kecamatan Kutasari).

Ditambah olehnya, jumlah warga yang terdampak bencana kekurangan air bersih mencapai 15.810 jiwa atau 4.876 kepala keluarga atau KK.

BPBD kabupaten Purbalingga sudah mendistribusikan air bersih sebanyak 510 ribu liter. Serta, ada bantuan dari Lazis Jateng sebanyak 20 ribu liter air bersih.

BACA JUGA:Kekeringan, Pemkab Purbalingga Salurkan 155 Ribu Liter Air Bersih

BACA JUGA:Kekeringan Meluas di Purbalingga,Enam Kecamatan Terdampak Kekurangan Air Bersih

Diberitakan sebelumnya, wilayah kecamatan yang sudah terdampak bencana kekurangan air bersih adalah Bokol (Kemangkon), Karangpucung (Kecamatan Kertanegara), Pandansari (Kejobong), Arenan dan Sidanegara (Kaligondang), Serang (Karangreja), Pepedan (Karangmoncol), Wanogara Kulon (Rembang), serta Brakas dan Kaliori (Karanganyar).

Sementara itu, diketahui pada tahun 2023, sebanyak 82 desa di 15 kecamatan di wilayah Kabupaten Purbalingga, yang terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: