Mengenal Lebih Dalam Van Belt pada Motor Matic

Mengenal Lebih Dalam Van Belt pada Motor Matic

3 Penanganan Van Belt Motor Matic yang Slip-Pinterest -

Selain itu, rutin memanaskan mesin motor setiap hari selama 3-5 menit jika motor tidak digunakan secara harian juga dapat membantu. Lebih baik lagi, jika memungkinkan, gunakan motor untuk perjalanan pendek hingga 3 kilometer setiap hari untuk menjaga elastisitas van belt.

BACA JUGA:Yuk Ikuti! 7 Cara Mudah Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Sering Terjadi! 6 Penyebab Utama Suara Mesin Motor Matic Menjadi Kasar

Selanjutnya, melakukan pengecekan rutin terhadap area CVT secara menyeluruh juga sangat penting. Bagian-bagian seperti bearing, roller, dan kampas ganda perlu diperiksa untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik. 

Jika ada bagian yang aus, segera lakukan penggantian untuk mencegah kerusakan yang lebih serius. Dengan menjaga gaya berkendara, melakukan pemeliharaan rutin, dan memeriksa area CVT secara berkala, van belt motor matic Anda dapat bertahan lebih lama dan berfungsi secara optimal.

Kapan Harus Ganti Vanbelt?

Seperti rantai pada motor 2-Tak atau 4-Tak lawas, van belt juga memiliki umur pakai yang perlu diperhatikan. Namun, usia van belt bisa bervariasi antara satu motor matic dengan yang lainnya karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Secara umum, waktu yang direkomendasikan untuk mengganti van belt adalah ketika motor matic tersebut telah menempuh jarak sekitar 25 hingga 30 ribu kilometer, atau sekitar dua tahun pemakaian. 

BACA JUGA:5 Efek Negatif dari Penggunaan Per CVT Racing Pada Motor Matic

BACA JUGA:Tak Hanya Sekedar Pegangan, Inilah 4 Fungsi Lain Dari Behel Motor Matic

Sebagai contoh, Honda BeAT memiliki masa penggantian van belt setiap 24 ribu kilometer atau dua tahun sekali, sesuai dengan yang dicantumkan dalam buku manual pemilik kendaraan.

Namun, perlu diingat bahwa ini bukanlah aturan yang mutlak. Faktor-faktor seperti beban berat, terendam banjir, atau gaya berkendara agresif juga dapat mempercepat kerusakan van belt. 

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 10 ribu kilometer pemakaian guna memastikan kondisi van belt tetap optimal. Dengan memahami kapan waktu yang tepat untuk mengganti van belt, pengendara dapat menjaga performa dan keamanan motor matic mereka dalam kondisi terbaik. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: