Penuhi Pasokan Air, Petani Desa Madusari Bangun Bendungan Sederhana

Penuhi Pasokan Air, Petani Desa Madusari Bangun Bendungan Sederhana

Para petani tampak bergotong royong membangun bendungan untuk menambah pasokan air bagi lahan pertanian di Desa Madusari, Sabtu (1/6/2024).-Serda Abdul Rochmat untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kurangnya pasokan air yang menuju lahan pertanian di Desa Madusari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap membuat petani setempat berinisiatif membangun bendungan.

Proses pembangunan bendungan tersebut melibatkan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) desa setempat bersama unsur TNI dengan membendung aliran sungai Cibalubuk yang melintasi desa tersebut.

"Selama ini, kami sering kesulitan mendapatkan air yang cukup untuk irigasi, terutama saat musim kemarau panjang," kata Ujang selaku ketua kelompok tani Desa Madusari, Senin (3/6/2024).

Dengan pasokan air yang lebih stabil, para petani dapat mengoptimalkan penggunaan lahan pertanian mereka, sehingga produksi padi dan komoditas pertanian lainnya dapat terus meningkat.

BACA JUGA:Desa Cimrutu dan Desa Rawaapu Mulai Terdampak Kekeringan, Ini Langkah BPBD Cilacap

BACA JUGA:Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Cilacap Capai 2.304

"Dengan adanya bendungan yang sederhana ini, kami berharap hasil panen akan meningkat sehingga ketahanan pangan masyarakat desa Madusari akan meningkat juga," ungkapnya.

Sementara itu Babinsa Desa Madusari Serda Abdul Rochmat menambahkan, para petani bergotong-royong selama beberapa minggu untuk merealisasikan proyek ini.

Kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah desa serta dinas terkait, yang turut memberikan bantuan teknis dan material. "Semua unsur mendukung sehingga pertanian di Desa Madusari semakin maju dan kesejahteraan para petani semakin meningkat," tandasnya.

Selain itu, upaya seperti ini semoga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk memenuhi kebutuhan air. "Kami berharap desa-desa lain bisa terinspirasi untuk melakukan hal serupa, sehingga ketahanan pangan nasional bisa semakin kuat," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: