Jelang Idul Adha, Warga Langsung Beli ke Perternak di Banjarnegara

Jelang Idul Adha, Warga Langsung Beli ke Perternak di Banjarnegara

Pembeli asal Jakarta datang ke Banjarnegara saat melihat sapi di kandang Kitane untuk keperluan kurban.-PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tiga pekan jelang hari raya Idul Adha, sejumlah hewan ternak mulai diburu pembeli. Selisih harga dan kebersihan hewan ternak mendorong pembeli lebih memilih mencari hewan kurban langsung di kandang.

Tiga pekan terakhir jelang hari raya Idul Adha, para calon pembeli mulai mendatangi langsung ke kandang peternak di Parakancanggah, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, di kandang sapi Kitane, mereka mencari sapi yang akan digunakan untuk keperluan kurban.

Awal Fitriyadi pembeli asal Jakarta, mengatakan, ia datang langsung ke Banjarnegara karena ingin langsung melihat kondisi dari kandang Kitane. Jika kondisi kandang bersih menurutnya kondisi sapi juga sehat.

“Sebenarnya kalau melihat sapi pertama dilihat dari kebersihan kandangnya, kalau kondisinya bersih pasti sapinya juga sehat, terus dari segi pangannya juga dilihat jenisnya dan sudah divaksin atau belum, karena banyak juga pedagang-pedagang yang sapinya belum divaksin. kalau disini rutin dibersihkan. Datang ke Banjarnegara lagi memilih sapi untuk kurban. Sengaja datang ke Banjarnegara karena ingin melihat langsung sapinya karena kondisinya bagus,” katanya, Kamis (30/5/2024).

BACA JUGA:Masrofi Dilantik Jadi PJ Bupati Banjarnegara Gantikan Tri Harso

BACA JUGA:Layanan Parkir, Dishub Banjarnegara Imbau Masyarakat Sampaikan Aduan Melalui Aplikasi

Selain itu, peternak sapi Kitane Angki Aditama mengatakan, usaha sapinya sudah sejak tahun 2012 hingga sekarang. Untuk saat ini, sudah lebih dari 20 ekor yang sudah terjual. Tidak hanya pembeli dari dalam daerah, banyak pembeli yang datang dari berbagai daerah jelang Idul Adha. 

“Ada yang sudah mengambil dari Jawa Barat, Semarang, Tegal, Bandung, dan Jakarta. Sistem pemasaran kita dari teman dan media sosial, ujarnya.

Selain harga yang lebih murah dari pasaran, juga untuk memastikan kesehatan sapi yang akan digunakan untuk kurban. Para calon pembeli bisa melihat proses pemberian pakan hingga kebersihan kandang secara langsung, karena disini paling utama kerbesihan kandannya.

“Dikandang Kitane paling utama kebersihan kandang, yang kedua pakan, karena pakannya disini dicampur sendiri, seperti ada pelet, singkong, polar, dan juga pakai kombor,” katanya.

Pada momen Idul Adha tahun ini, di kandang Kitane menyediakan 105 ekor sapi dengan harga beragam, mulai dari Rp 18 juta hingga Rp 200 juta per ekor. Perbedaan harga ini dilihat dari berat sapi tersebut.

Peternak sapi menyebut sudah mulai ada kenaikan harga jelang Idul Adha. Jika sebelumnya harga sapi Rp 15 juta per ekor, saat ini sudah mencapai Rp 20 juta hingga Rp 25 juta per ekor. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: