Bingung Pilih Antara Motor Mati c, Motor Bebek, atau Motor Sport ? Simak Dulu Perbedaannya

Bingung Pilih Antara Motor Mati c, Motor Bebek, atau Motor Sport ? Simak Dulu Perbedaannya

Mengenai berbagai perbedaan dari sepeda motor matic, sepeda motor bebek, dan sepeda motor sport yang harus Anda pahami.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Tertarik Beli Motor Matic Honda BeAT Street 2024 ? Simak Dulu Kelebihan Dan Kekurangannya

Sepeda motor sport ini dilengkapi dengan tuas kopling di sisi kiri. Kopling ini berfungsi untuk mengatur pergantian gigi agar terjadi lebih lancar.

4. Sistem Rem Sepeda motor

Berbeda dengan dua sepeda motor lainnya pada sisi remnya, tuas rem pada sepeda motor matic terletak pada bagian kiri dan kanan setang sepeda motor.

Pada sepeda motor bebek dan sepeda motor sport, tuas rem terletak di stang kanan dan kaki kanan. Kenyataannya, kedua hal ini tidak terlalu berpengaruh dan hanya sekedar masalah kenyamanan.

5. Biaya perawatan

Perawatan suku cadang merupakan prioritas utama pada sepeda motor sport. Sepeda motor matic menempati posisi berikutnya karena memiliki susunan mesin yang lebih tertutup dibandingkan sepeda motor matic. 

Akibatnya kerusakan pada sepeda motor matic sulit dideteksi sehingga biaya perawatan dan perbaikannya lebih tinggi dibandingkan sepeda motor lainyya.

Selain itu, sepeda motor matic umumnya memiliki masa pakai lebih pendek setelah diperbaiki dibandingkan sepeda motor lain.

Dengan kata lain, perbaikan pada sepeda motor matic hanya dapat dirasakan lebih cepat dibandingkan dengan sepeda motor bebek. Namun jika berbicara tentang sepeda motor sport, suku cadangnya bisa dikatakan sangat awet.

Namun, jika jangka waktu penggantian telah habis, diperkirakan akan timbul biaya yang besar.

Misalnya, perlengkapan sepeda motor matic atau bebek yang harganya Rp 200.000 tidak ada apa-apanya, dibandingkan dengan harga perlengkapan sepeda motor sport yang harganya di atas Rp 1.000.000.

6. Konsumsi Bahan Bakar

Dalam hal penghematan bahan bakar, sepeda motor bebek adalah rajanya. Namun, dalam kasus sepeda motor matic, perpindahan gigi secara otomatis saat menanjak dan mesin berhenti, hal ini terasa seperti banyak pemborosan.

Namun pada sepeda motor bebek, jika traksi berkurang maka otomatis gigi sepeda akan disetel ke posisi rendah. Memungkinkan gigi berputar dengan lancar tanpa menghentikan tarikan motor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: