Tips Motor Matic Terhindar dari Loss Compression

Tips Motor Matic Terhindar dari Loss Compression

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sepeda motor matic Anda mengalami Loss Compression.-Fahma Ardiana-

Keunggulannya dibandingkan pengecekan manual adalah cara ini lebih efektif dan efisien dalam menentukan tingkat kompresi mesin. 

1. Lepas busi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas busi sepeda motor matic menggunakan kunci busi. Pastikan melakukannya dengan benar agar tidak merusak ulir busi atau rumah busi.

2. Matikan kunci sepeda motor matic

Setelah busi dilepas, langkah selanjutnya adalah memutar kunci sepeda motor matic ke posisi off. Kemudian tutup pompa bahan bakar untuk mencegah pembakaran di ruang mesin sepeda motor matic.

3. Masukkan selang pengukur

Masukkan konektor selang pengukur kompresi tester ke dalam lubang busi sepeda motor matic.

4. Menghidupkan sepeda motor matic

Cara mengecek kompresi sepeda motor matic dengan alat compression tester selanjutnya adalah, dengan menstarter sepeda motor matic dengan kick starter atau starter elektrik.

BACA JUGA:4 Dampak Bahaya Menyemprotkan Angin Kompresor Dalam Mesin Motor Matic

BACA JUGA:5 Penyebab MIL Motor Matic Menjadi Sering Berkedip

Ulangi ini 3 hingga 6 kali hingga jarum tekanan pada penguji kompresi berhenti naik. Nilai tekanan mesin uji kompresi ini dapat dicatat.

Cara pengecekan kompresi sepeda motor maticr dengan menggunakan alat compression tester ini biayanya sangat mahal.

Selain perawatan rutin, pemilik sepeda motor matic juga harus memperhatikan asupan bahan bakar sesuai kompresi mesin, untuk memperpanjang umur komponen mesin sepeda motor matic dan menghindari kerugian kompresi. 

Untuk perawatan sepeda motor matic yang memerlukan tenaga profesional, kunjungi langsung bengkel kepercayaan Anda setempat, untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala, untuk memastikan seluruh fitur dan komponen sepeda motor matic berfungsi maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: