Lima Jemaah Calon Haji Banjarnegara Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Lima Jemaah Calon Haji Banjarnegara Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Pelepasan jemaah haji kloter 15 asal Banjarnegara dari Pendopo Dipayudha Banjarnegara, Rabu (15/5/2024). -PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tahun ini, lima jemaah calon haji (calhaj) Kabupaten BANJARNEGARA batal ke tanah suci. Sedianya lima calhaj akan berangkat bersama rombongan dari kelompok terbang (kloter) 13, 14, 15, dan 16.

Lima calhaj yang tidak berangkat yakni satu orang meninggal dunia, sedangkan sisanya karena sakit dan masalah pada paspor. 

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Banjarnegara, Ali Mustofa mengatakan, seharusnya pada keberangkatan musim haji tahun ini, Kabupaten Banjarnegara mendapatkan kuota 813 jemaah.

Jumlah itu terbagi dalam empat kloter. Namun, jelang keberangkatan satu orang meninggal dunia, tiga jemaah mengalami sakit dan satu tertunda karena masalah paspor.

BACA JUGA:Keberangkatan Calon Haji Asal Banjarnegara Diiringi Tangis Haru Keluarga

BACA JUGA:Pilkada Banjarnegara Tanpa Pasangan Calon Perseorangan

Menurutnya, untuk yang gagal berangkat karena meninggal dunia adalah Sangisi Muhajir dari Desa Panggisari, Kecamatan Mandiraja.

Sedangkan tiga jemaah harus ditunda keberangkatannya pada tahun ini karena sakit yakni Mustofa dari Desa Kebondalem, Kecamatan Bawang. Kemudian Tri Komandriyah dari Desa Srikandi, Kecamatan Purwareja Klampok, dan Siti Muhasanah dari Mandiraja Kulon, Kecamatan Mandiraja.

"Untuk satu jemaah lain yang karena paspor ini tetap akan berangkat tahun ini. Namun keberangkatannya ditunda dan akan diikutian pada kloter lain dan tidak bersamaan dengan jemaah yang berangkat,” ujarnya, Rabu (15/5/2024).

Sementara itu, tiga kloter jemaah calon haji asal Banjarnegara yakni kloter 13, 14, dan 15 sudah diberangkatkan pada Selasa (14/5/2024). Sedangkan kloter 16 akan diberangkatkan pasa Rabu (15/5/2024) dini hari tadi.

Pelepasan jemaah haji asal Banjarnegara dilakukan dari Pendopo Dipayudha Banjarnegara dengan menggunakan bus menuju asrama haji Donohudan. Pelepasan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara.

Diketahui, awalnya jemaah calon haji asal Banjarnegara yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 813 jemaah.

Rinciannya 94 jemaah tergabung dalam kloter 13, kloter 14 dengan jumlah 215 jemaah calon haji Banjarnegara. Kloter 15 sebanyak 355 jemaah, dan kloter 16 sebanyak 149 jemaah. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: