Mengapa Motor Listrik Dilarang Melintasi Air Lebih dari Setengah Roda? Ini Penjelasannya!

Mengapa Motor Listrik Dilarang Melintasi Air Lebih dari Setengah Roda? Ini Penjelasannya!

Mengapa Motor Listrik Dilarang Melintasi Air Lebih dari Setengah Roda-Kumparan -

BACA JUGA:Keamanan Mengendarai Motor Listrik Saat Banjir

BACA JUGA:BAHAYA! Begini Jadinya Jika Motor Listrik Menerjang Banjir

Meskipun sebagian memiliki pengamanan, risiko kerusakan masih tetap ada jika ketinggian air melebihi setengah roda. Ini menunjukkan bahwa larangan melintasi air lebih dari setengah roda tidak hanya berkaitan dengan baterai, tetapi juga dengan komponen lain yang penting untuk kinerja motor listrik secara keseluruhan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan membersihkan motor listrik agar tetap berkinerja optimal dan aman. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah larangan mencuci bagian bawah tengah motor listrik. 

Berbeda dengan motor konvensional yang biasanya dibersihkan dengan menyemprotkan air dari roda belakang ke arah depan atau mesin, motor listrik memiliki aturan yang berbeda. Konsumen juga dianjurkan untuk tidak mencuci bagian bawah tengah motor listrik. 

Tindakan ini bertujuan untuk menghindari risiko kerusakan pada baterai dan dinamo yang terletak di bagian atas motor. Posisi baterai motor listrik yang terletak di bawah jok, menggantikan posisi mesin pada motor konvensional, membuatnya lebih rentan terhadap paparan air. 

BACA JUGA:INI 4 ALASAN Mengapa Motor Listrik Tidak Boleh Menerobos Banjir

BACA JUGA:Mantap, Motor Listrik Ternyata Tahan Air dan Bisa Menembus Banjir, Ini Dia Penjelasannya

Sebagai gantinya, pengguna motor listrik disarankan untuk hanya menyemprotkan air ke arah belakang motor. Dengan mematuhi imbauan ini, konsumen dapat menjaga motor listrik mereka tetap aman dan berkinerja optimal dalam jangka waktu yang panjang.

Cara Mencuci Motor Listrik yang Baik

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencuci motor listrik dengan baik:

1. Pastikan motor dalam keadaan mati dan kunci kontak dilepas sebelum Anda memulai proses pencucian. Ini akan menghindari risiko terjadinya korsleting listrik dan kerusakan pada sistem elektronik.

2. Siapkan peralatan pencucian seperti ember, spons lembut, sikat, dan air bersih. Pastikan juga Anda memiliki deterjen yang aman untuk digunakan pada bagian motor listrik.

3. Gunakan kain bersih yang telah direndam dalam air bersih untuk membersihkan bagian luar motor. Pastikan kain tersebut tidak terlalu basah, agar air tidak merembes ke dalam komponen listrik.

4. Saat membersihkan bagian motor listrik, hindari langsung menyemprotkan air ke bagian elektronik seperti baterai, controller, dan kabel-kabel listrik. Gunakan kain lembut atau spons yang telah diperas untuk membersihkan area tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: