Tiga Jembatan Jalan Lingkar Kota Masuk Prioritas RPJPD Kabupaten Purbalingga

Tiga Jembatan Jalan Lingkar Kota Masuk Prioritas RPJPD Kabupaten Purbalingga

ARAHAN: Sekda Herni Sulasti saat Musrenbang RPJPD di Pendapa Dipokusumo, Senin 22 April 2024.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tiga rencana pembangunan jembatan strategis dan jalan lingkar perkotaan masuk prioritas pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025 - 2045. Untuk jembatan yaitu jembatan penghubung Lamuk - Bukateja, Pelumutan - Plana (PURBALINGGA - Banyumas) dan jembatan Lamongan - Tejasari.

"Jembatan Desa Pelumutan (Kecamatan Kemangkon) ke Desa Plana (Kecamatan Somagede, Banyumas) saat ini sudah ada embrionya berupa jembatan gantung. Jembatan ini jika terbangun akan sangat menyingkat waktu tempuh dalam mendukung pengembangan Cibalingmas (Cilacap - Purbalingga - Banyumas)," papar Bupati diwakili Sekretaris Daerah Purbalingga, Herni Sulasti dalam kegiatan Musrenbangkab RPJPD 2025 - 2045 dan RKPD 2025, Senin 22 April 2024 di Pendapa Dipokusumo.

Sekda mengungkapkan, 3 jembatan itu masuk salah satu arah pembangunan infrastruktur Kabupaten Purbalingga untuk 20 tahun ke depan.

Sekda menambahkan, terkait rencana pembangunan jembatan Lamuk - Bukateja, Pemkab Purbalingga tahun ini sedang mengusulkan dukungan anggaran kepada Pemprov Jateng melalui Bantuan Gubernur (Bangub). Ia berharap realisasi tahapan pembangunan bisa dimulai tahun yang sama.

BACA JUGA:Selama Libur Lebaran, 158.054 Wisatawan Kunjungi Purbalingga

BACA JUGA:Butuh Penjelaskan Lebih Lanjut LKPJ Bupati, Pansus I DPRD Purbalingga Bakal Panggil Sejumlah OPD

Selain rencana pembangunan jembatan strategis, Pemkab Purbalingga juga mulai merancang potensi pengembangan Jalan lingkar Perkotaan 20 tahun ke depan. Pengembangan jalan lingkar ini bertujuan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan baru.

"Ada 20 konsep ruas membentuk jalan lingkar. Salah satu yang sudah dikerjakan yaitu ruas Wirasana - Kalikajar (Wika), berkat pembangunan jembatan Wika kemacetan arus mudik lebaran kemarin lebih terurai dibanding tahun-tahun sebelumnya," imbuhnya.

Setidaknya ada 4 ruas jalan baru yang perlu dibangun dalam kurun 20 tahun ke depan untuk Jalan Lingkar Perkotaan. Empat ruas jalan baru yang dimaksud antara lain : Dawuhan - Karanglewas, Brobot - Karanglewas, Sempor Lor - Jatisaba dan Bojong - Toyareka. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: