Inilah Hal yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Inilah Hal yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Beberapa hal yang bisa membuat sepeda motor matic menjadi cepat rusak yang harus pengguna ketahui.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Tak Hanya MATIC, Ini Dia Jenis-Jenis Transmisi yang Ada di Motor Listrik

5. Akselerasi mendadak saat melaju jauh

Hal ini sering terjadi saat sepeda motor matic berhenti di lampu lalu lintas. Banyak orang tancap gas pol begitu lampu lalu lintas berubah dari merah menjadi hijau.

Hal ini justru membuat akselerasi motor matic menjadi lebih cepat. Namun jika kebiasaan buruk ini terlalu sering dilakukan, maka dapat merusak bagian-bagian penting seperti belt dan pulley sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar terbuang sia-sia.

6. Menekan tuas rem sambil berjalan

Kebiasaan ini lumrah dilakukan tanpa kita sadari. Ya, masih banyak orang yang mengendarai sepedanya dengan telunjuk dan jari tengah menginjak tuas rem. Akibatnya, Anda sering kali tanpa sadar menekan tuas rem saat berkendara.

Kebiasaan buruk ini mempunyai beberapa dampak negatif bagi sepeda motor matic kesayangan anda. Pertama, lampu rem sepeda motor matic cepat mati. Kedua, kampas rem Anda akan lebih cepat aus.

7. Menahan pedal gas saat macet

Menahan pedal gas saat macet masih menjadi hal yang lumrah dilakukan banyak orang, terkait dengan kebiasaan buruk sebelumnya yang dapat dengan cepat menyebabkan sepeda motor matic bertransmisi matic rusak. Banyak pengendara sepeda motor matic yang menjaga kecepatan dengan mengoperasikan tuas rem sambil sedikit berakselerasi.

Meski terkesan sepele, namun kebiasaan buruk ini justru bisa membebani dompet, dalam hal ini perkiraan biaya layanan bisa mencapai Rp 500.000. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan sepeda motor matic Anda cepat rusak.

Itulah dia beberapa hal yang bisa membuat sepeda motor matic menjadi cepat rusak yang harus pengguna ketahui. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: