Inilah Hal yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Inilah Hal yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Beberapa hal yang bisa membuat sepeda motor matic menjadi cepat rusak yang harus pengguna ketahui.-Fahma Ardiana-

Terkait dengan poin sebelumnya, kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan sepeda motor cepat rusak selanjutnya adalah malas membersihkan komponen CVT. Hal ini penting untuk menghindari gejala “gredek” saat akselerasi awal.

Jadi, jika Anda mengabaikan hal ini, jangan heran jika CVT Anda mengeluarkan suara berdecit atau bergesekan. Selain itu performa sepeda  motor matic pun tidak akan maksimal.

BACA JUGA:Perawatan Motor Matic yang Perlu untuk Diperhatikan

BACA JUGA:Jangan Panik! Ini 5 Cara Mengatasi Overheat pada Motor Matic Tanpa Ribet

3. Menghidupkan mesin motor matic secara langsung

Berbeda dengan sepeda motor jaman dulu, sepeda motor modern biasanya dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih seperti teknologi injeksi dan ECU.

Sebaiknya hidupkan mesin dengan kunci kontak pada posisi ON hingga indikator MIL pada speedometer padam. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui risiko kerusakan pada motor matic Anda.

4. Menghentikan mesin dengan side stand

BACA JUGA:5 Trik Ampuh Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic, Mulus Seperti Baru!

BACA JUGA:8 Cara Agar Roller Motor Matic Awet, Kuncinya di Oli

Kebiasaan buruk keempat yang dapat menyebabkan kerusakan dini pada motor matic adalah mematikan mesin dengan fungsi side stand atau saklar side stand. Fitur ini banyak dijumpai pada sepeda motor matic modern.

Tujuannya agar sepeda motor matic tidak dapat dihidupkan ketika standar samping dilipat. Sayangnya, banyak dari kita yang salah menggunakan sepeda transmisi otomatis dan cepat rusak.

Bila standar samping dilipat, mesin akan mati, namun instrumen lain seperti lampu depan dan belakang serta speedometer tidak akan langsung berhenti. Nah, ini memerlukan daya dari komponen baterai.

Jika kebiasaan buruk ini sering kamu lakukan, sebaiknya segera hentikan. Karena kebiasaan buruk ini akan cepat merusak sepeda motor matic Anda dan aki sepeda motor matic Anda tidak akan bertahan lama.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! 6 Motor Matic Paling Irit Buat Perjalanan Jauh Tanpa Ngeluh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: