Objek Wisata di Banjarnegara Berbenah Jelang Libur Lebaran

Objek Wisata di Banjarnegara Berbenah Jelang Libur Lebaran

Suasana komplek Candi Arjuna saat dipadati wisatawan. -PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID   - Sejumlah objek wisata di BANJARNEGARA berbenah untuk menyambut datangnya wisatawan maupun pemudik jelang libur lebaran 2024. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, libur lebaran sejumlah objek wisata di Banjarnegara selalu ramai dibanjiri wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Tursiman mengatakan, tren berlibur di musim libur lebaran selalu mengalami peningkatan.

Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, selama sepekan libur lebaran di 2023 menembus angka 110.351 wisatawan sementara tahun 2022 ada angka kunjungan sebanyak 104.160 wisatawan.

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Siapkan Lima Armada Bus Mudik Gratis untuk Warga Rantau

BACA JUGA:Antisipasi Penyalahgunaan BBM Saat Arus Mudik Lebaran, Sat Reskrim Polres Banjarnegara Lakukan Pengawasan SPBU

Dieng dengan keindahan dan keunikannya masih menjadi daya tarik utama dan mampu menyedot banyak wisatawan untuk datang ke tempat itu.

“Meski ada objek wisata lain di Banjarnegara, namun Dieng tetap menjadi primadona bagi wisatawan sebagai tujuan wisata selama libur Lebaran 2023,” ujarnya, Selasa (2/4/2024).

Dijelaskan, saat ini, untuk Dataran Tinggi Dieng memang sedang ada penataan. Namun wisatawan tetap bisa melakukan kunjungan wisata.

"Sekarang sedang kita persiapkan jalur masuk keluar alternatif agar wisatawan aman dan nyaman, penyediaan kelengkapan pendukung obyek wisata dan juga kita cek -ricek sarpras yang perlu pembenahan," kata Tursiman.

Beberapa kegiatan yang sedang dikerjakan diantaranya Koridor Candi Arjuna (penataan plaza, pendestrian dan lanskap). Kawasan Kawah Sikidang (kios, parkir, dan lanskap) untuk wilayah Dieng yang berada di Banjarnegara.

Selain itu juga ada penataan kawasan Telaga Warna (pendopo syailendra dan parkir), dan Bukit Sikunir (pendopo, parkir, dan lanskap) yang masuk wilayah Wonosobo.

Selain fokus di objek wisata di Dataran Tinggi Dieng, sejumlah objek wisata lain di Banjarnegara juga dipersiapkan. Bahkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara menerjunkan tim pemantau khususu untuk persiapan destinasi dalam menerima kunjungan wisata pada libur lebaran nanti.

"Untuk memantau dan memberikan arahan bagi pengelola dalam penerapan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (CHSE) dan Sapta Pesona, penyediaan Sarpras yang aman, nyaman termasuk memberikan arahan tentang pelayanan yang baik untuk wisatawan,"kata Tursiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: