GAMPANG BANGET !! Cara Merawat Baterai Motor Listrik yang Harus Diketahui

GAMPANG BANGET !! Cara Merawat Baterai Motor Listrik yang Harus Diketahui

Beberapa cara yang tepat untuk merawat baterai sepeda motor listrik anda agar selalu awet yang harus anda ketahui.-Fahma Ardiana-

Panas yang berlebihan dapat merusak komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu beberapa saat agar suhu turun dan tidak menjadi panas.

4. Parkirkan kendaraan di tempat yang sejuk

Pemilik sepeda motor listrik juga diimbau untuk tidak memarkir sepedanya di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat memanaskan baterai lithium, sehingga berdampak pada masa pakai baterai dan memperpendek masa pakainya.

BACA JUGA:5 Daftar Kesalahan Merawat Motor Listrik yang Harus Kamu Hindari!

BACA JUGA:CEK! Beginilah Tips Merawat Motor Listrik yang Benar

Oleh karena itu, sebaiknya parkir sepeda motor listrik Anda di tempat yang teduh dan hindari terkena sinar matahari langsung. Selain itu, panas matahari dapat menyebabkan konduktor pemanas litium menjadi terlalu panas, sehingga menurunkan kinerjanya seiring waktu dan menyebabkan kerusakan.

5. Hindari penggunaan charger dan kabel yang tidak asli

Penggunaan pengisi daya dan kabel yang tidak asli juga tidak disarankan. Panas dalam jumlah besar dihasilkan dalam waktu singkat, yang dapat merusak komponen. 

Untuk melindungi baterai sepeda motor listrik Anda, selalu gunakan pengisi daya dan kabel yang disertakan atau beli komponen asli.

6. Jangan mengisi baterai dalam waktu lama

Dalam keadaan apa pun baterai tidak boleh diisi terlalu penuh atau terlalu lama. Saat mengisi daya, pengoperasian optimal litium menurun, menunjukkan bahwa catu daya internal mencukupi. Kami merekomendasikan pengisian penuh saat indikator mendekati 90-95%.

7. Jangan langsung mengisi daya setelah berhenti

Untuk mengisi baterai sepeda motor listrik, Anda harus menunggu minimal 30 menit hingga sepeda menjadi dingin.

8. Jangan membenturkan atau membenturkan baterai

Guncangan yang sering terjadi pada baterai litium dapat menyebabkan komponen yang dipasang di permukaan bergetar dan terlepas. Selain itu, seringnya terbentur dan terbentur juga dapat menurunkan kinerja komponen baterai sehingga dapat mengakibatkan kerusakan atau kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: