Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

Informasi terkait meditasi yang memang bermanfaat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental.-Fahma Ardiana-

 

4. Meningkatkan Kesehatan Emosional

Beberapa bentuk meditasi bisa membantu meningkatkan citra diri dan juga mengembangkan pandangan hidup yang lebih positif. Meditasi ini juga dapat membantu mengurangi pikiran negatif dan mengendalikan reaksi berlebihan terhadap situasi negatif.

5. Menjaga Kesehatan Fungsi Ingatan

Stres dapat mengganggu fungsi ingatan, nah meditasi ini dapat meningkatkan kejernihan pikiran dan menjaga fungsi memori. Meditasi juga dapat membantu mengelola stres dan mendukung perawatan anggota keluarga yang menderita demensia.

BACA JUGA:5 Masalah Kesehatan Mental yang Dialami Remaja

BACA JUGA:Pentingnya Self-Care Untuk Merawat Kesehatan Mental

Mempelajari Jenis-jenis Meditasi

Meditasi adalah istilah umum untuk aktivitas yang mendorong relaksasi. Ada banyak jenis meditasi dan teknik relaksasi yang mencakup unsur meditasi, dan semuanya memiliki tujuan yang sama untuk mencapai ketenangan pikiran.

Berikut beberapa jenis meditasi :

1. Meditasi Terpandu

Meditasi terpandu memungkinkan Anda menciptakan gambaran mental tentang suatu tempat atau situasi yang membuat Anda merasa rileks dan tenang. Meditasi terpandu ini biasanya meminta Anda atau meditator lain untuk menggunakan indra seperti penciuman, penglihatan, suara, dan tekstur.

2. Meditasi dengan Mantra

Dalam meditasi ini anda berdiam diri dan mengulang kata atau kalimat dengan penuh konsentrasi dan pikiran. Hal ini dilakukan untuk menciptakan efek menenangkan dan mencegah pikiran menjadi terganggu.

3. Qigong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: