Sering Merasakan Halusinasi Pendengaran? Bisa Jadi Gejala Gangguan Kesehatan Mental

Sering Merasakan Halusinasi Pendengaran? Bisa Jadi Gejala Gangguan Kesehatan Mental

Sering Merasakan Halusinasi Pendengaran? Bisa Jadi Gejala Gangguan Kesehatan Mental-Pinterest -

BACA JUGA:8 Cara Memulihkan Gangguan Kesehatan Mental Bipolar, Langkah-langkah Menuju Keseimbangan Emosional

Halusinasi ini dapat berupa suara-suara yang mengancam atau memerintahkan yang terdengar nyata bagi penderita meskipun tidak ada kehadiran fisik dari suara tersebut. Halusinasi juga mengganggu pengidap gangguan bipolar dan psikosis.

Halusinasi pendengaran dapat memiliki dampak yang signifikan pada kualitas hidup individu yang mengalaminya. Pengalaman mendengar suara-suara yang tidak ada dapat menimbulkan ketidaknyamanan, kecemasan, dan bahkan isolasi sosial. 

2. Gejala Gangguan Lainya

Gangguan bipolar, gangguan kepribadian ambang (borderline personality disorder), depresi berat, dan gangguan stres pasca trauma (PTSD) adalah beberapa contoh kondisi di mana halusinasi pendengaran bisa muncul sebagai gejala.

1. Gangguan Bipolar

Penderita gangguan bipolar dapat mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, disertai dengan episode depresi dan mania. Halusinasi pendengaran bisa muncul selama episode mania atau depresi pada beberapa individu.

BACA JUGA:Mengenal Ciri-ciri Gangguan Kesehatan Mental Alter Ego, Punya Banyak Kepribadian!

BACA JUGA:Kehilangan Orang Tersayang Menjadi Penyebab Gangguan Kesehatan Mental yang Berbahaya

2. Gangguan Kepribadian Ambang (Borderline Personality Disorder)

Halusinasi pendengaran ditandai dengan ketidakstabilan emosi, hubungan interpersonal yang bermasalah, dan impulsivitas. Halusinasi tersebut sering kali terkait dengan ketidakstabilan emosi yang mendalam.

3. Depresi Berat

Meskipun halusinasi pendengaran jarang menjadi gejala utama dari depresi berat, beberapa individu dengan depresi yang parah dapat mengalami halusinasi sensorik, termasuk halusinasi pendengaran.

4. Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD)

Individu yang mengalami PTSD sering kali mengalami pengulangan pikiran traumatis, flashback, dan reaksi fisik yang kuat terhadap stimulus yang memicu ingatan trauma. Halusinasi pendengaran bisa terjadi sebagai bagian dari pengalaman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: