Manfaatkan Lahan Sempit, Warga Banjarnegara Raup Omzet Jutaan Rupiah Budidaya Lobster Air Tawar

Manfaatkan Lahan Sempit, Warga Banjarnegara Raup Omzet Jutaan Rupiah Budidaya Lobster Air Tawar

Syaebani sukses budi daya bibit lobster air tawar di lahan sempit dengan omzet jutaan rupiah per bulan-PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Seorang pria warga BANJARNEGARA berhasil mendapatkan cuan dari budidaya lobster air tawar dengan memanfaatkan lahan sempit di samping rumahnya. 

Kolam dangkal di samping rumah warga Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara ini seperti kolam mainan. Namun jika diamati seksama, ternyata banyak lobster air tawar yang tengah bertelur dan berkembang biak. 

Syaebani (53) pemilik budidaya lobster air tawar mengatakan, sudah sejak tiga tahun terakhir melakukan budi daya lobster air tawar. Kolam yang di buat tidak lah luas, hanya ber ukuran 3x120 sentimeter.

"Ada tiga kolam kecil untuk bertelur, penetasan dan pembesaran," katanya. 

BACA JUGA:Operasi Pekat Ramadan, Aparat Gabungan Sasar Rumah Prostitusi dan Karaoke di Banjarnegara

BACA JUGA:Selama Ramadan Stok Darah di Banjarnegara Dipastikan Aman

Meski hanya memanfaatkan lahan sempit, dia mampu menjual antara 400 hingga 600 bibit dalam sebulan.

“Untuk bibit dijual Rp3.000 per ekor. Sememtara untuk indukan dijual Rp350.000 per ekor, proses pemeliharaan pun cukup mudah, hanya menjaga kebersihan air dan pemberian pakan secara rutin,” ujar Syaebani, petani lobster air tawar.

Saat ini Syarbani memiliki ribuan lobster air tawar, baik indukan ataupun bibit. Omzet penjualan bulanan pun berkisar Rp2 juta hingga Rp5 juta per bulan. 

Jika ingin memiliki usaha sekaligus binatang peliharaan yang memiliki nilai ekonomis, budidaya lobster di lahan sempit ini bisa dicoba. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: