Selama Ramadan Stok Darah di Banjarnegara Dipastikan Aman

Selama Ramadan Stok Darah di Banjarnegara Dipastikan Aman

Petugas PMI Banjarnegara melakukan giat pelayanan donor darah.-PMI Banjarnegara Untuk Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) BANJARNEGARA menjamin stok darah selama bulan suci ramadan 2024 aman dan dapat mencukupi permintaan masyarakat yang membutuhkan. 

Ketua PMI Banjarnegara dr Amalia Desiana menegaskan stok darah selama bulan suci Ramadan 2024 dipastikan aman.

"Dengan stok yang ada saat ini, mudah - mudahan dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan," katanya, Selasa (19/3/2024) 

Untuk diketahui, stok persediaan darah di PMI Banjarnegara hingga Senin 18 Maret 2024 adalah golongan darah A 90 kantong, B 59 kantong, O 76 kantong dan golongan darah AB 15 kantong.

BACA JUGA:Banyak Keluhan Balap Liar, Polres Banjarnegara Perketat Patroli Kamtibmas

BACA JUGA:14 Unit Huntara Diserahkan Pada Warga Korban Bencana Tanah Longsor di Banjarnegara

Sementara Kepala Unit Donor Darah (UDD) dr. Syarah Mutia Dewi menyampaikan, permintaan dan kebutuhan darah di beberapa rumah sakit cenderung fluktuatif. Oleh karenanya ia terus berupaya melakukan sosialisasi donor dan menggencarkan edukasi tentang Donor Darah.

Kemudian untuk menopang kebutuhan dan permintaan darah beberapa kelompok-kelompok donor darah potensial juga siap menggelar kegiatan donor darah pada malam hari.

"Terutama saat puasa serta mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak termasuk kelompok kelompok donor potensial," katanya.

“Dan sejak awal Ramadan hingga saat ini permintaan darah dari masyarakat di beberapa rumah sakit yang menjadi mitra PMI Banjarnegara cenderung masih stabil," sambung dr. Syarah.

Khusus pada bulan puasa, PMI Banjarnegara melakukan beberapa inovasi agar pelayanan kepada masyarakat tetap optimal.

"Pada bulan Ramadan, PMI membuka layanan donor darah pada malam hari. Jadi, jika ada masyarakat ingin mendonorkan darahnya, akan dilakukan setelah berbuka puasa atau selepas salat tarawih," jelasnya lagi.

Khusus pada bulan Ramadan, PMI Banjarnegara akan memberikan penghargaan spesial kepada pendonor darah. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: