Ketahui Mitos dan Fakta Menarik tentang Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuh

Rabu 31-01-2024,15:17 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

2. Minum air hangat dapat membantu membakar lebih banyak kalori 

Terdapat klaim bahwa minum air hangat dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan membantu dalam penurunan berat badan. Namun, fakta sebenarnya menunjukkan sebaliknya. 

Konsumsi air dingin diyakini lebih efektif dalam membakar kalori, karena tubuh perlu meningkatkan suhu untuk menghangatkan air dingin. Meskipun demikian, manfaat mengonsumsi air dingin dalam penurunan berat badan tidaklah signifikan karena jumlah kalori yang terbakar relatif sedikit.

Manfaat Minum Air Hangat

Berikut adalah beberapa manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Meringankan Gejala Flu

Minum air hangat dapat membantu mengurangi gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan mencegah dehidrasi. Air hangat membantu meredakan iritasi pada tenggorokan dan membantu mengencerkan lendir yang mengganggu saluran napas. 

BACA JUGA:Minum Air Es Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

BACA JUGA:Manfaat Minum Air Kelapa untuk Tubuh

Anda dapat menambahkan jahe, lemon, atau madu untuk meredakan nyeri tenggorokan dengan cepat. Untuk manfaat lebih banyak, berkumurlah dengan campuran setengah sendok teh garam dapur dalam secangkir air hangat. 

Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan pada tenggorokan dan memberikan rasa lega. Berkumurlah dengan campuran tersebut tiga kali sehari selama 30 detik.

2. Meredakan Nyeri Menstruasi (Dismenorea)

Minum air hangat juga membantu meredakan nyeri menstruasi (dismenorea) dengan mencegah penahanan cairan dalam tubuh, sehingga mengurangi kembung yang sering terjadi selama menstruasi. Selain itu, air hangat dapat merelaksasi otot yang kram dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

3. Mengurangi Nyeri Akibat Radang Sendi

Minum air hangat bermanfaat bagi mereka yang menderita radang sendi karena dapat menenangkan sistem saraf dan menjaga tubuh terhidrasi. Hal ini membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada radang sendi yang dialami.

BACA JUGA:Tak Hanya Pagi Hari, Ini 7 Jadwal Minum Air Putih yang Bagus untuk Kesehatan!

Kategori :