Jelang Idhul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Siagakan Petugas Guna Antisipasi Penyakit Hewan Ternak

Jelang Idhul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Siagakan Petugas Guna Antisipasi Penyakit Hewan Ternak

Petugas Dinas Kesehatan saat berikan vaksinasi untuk pencegahan penyakit LSD pada hewan ternak.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjelang Hari Raya Idhul Adha 1445 H atau Hari Raya Kurban, sejumlah penyakit yang biasa menimpa hewan ternak menjadi perhatian Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap.

Penyakit seperti penyakit mulut kuku (PMK), lumpy skin disease (LSD), dan antraks yang hingga saat ini masih diantisipasi penyebarannya oleh Dinas Peternakan.

"Kita tingkatkan pengawasan terhadap hewan ternak yang masuk ke wilayah Kabupaten Cilacap menjelang Hari Raya Idhul Adha," Kata Kapala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Slamet Sugino, Minggu (26/5/2024).

Menurutnya, saat ini di Kabupaten Cilacap masih dalam status waspada dan mengantisipasi terhadap penularan 3 jenis penyakit ternak tersebut.

BACA JUGA:Tiga Hari Pencarian, Korban ABG Asal Banyumas yang Tenggelam di Jetis Ditemukan

BACA JUGA:Warga Desa Karangmangu Cilacap Menemukan Bayi Perempuan di Bawah Pohon Pepaya

"Kalau penyakit antraks kita minta penyuplai atau peternak tidak mengambil hewan ternak dari daerah Gunungkidul atau Pacitan dmana disana ada indikasi antraks," lanjutnya.

Sedangkan untuk PMK dan LSD, ia mengatakan masih ada laporan di Cilacap akan tetapi tidak sebanyak pada saat 2 tahun lalu ketika penyakit itu muncul.

"PMK dan LSD masih ada laporan tapi saat ini sudah sangat jauh menurun dan jumlahnya dapat kita kendalikan," tandasnya.

Sedangkan untuk persiapan menghadapi Idhul Adha, pihaknya menyiagakan 160 orang petugas dari Dinas Pertanian kolaborasi dengan petugas kelurahan/desa untuk memantau pemotongan hewan kurban.

"Jadi sebelum hewan ternak dipotong, kita lakukan pemeriksaan terlebih dulu untuk mencegah hal-hal yang membahayakan," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: