14 Unit Huntara Diserahkan Pada Warga Korban Bencana Tanah Longsor di Banjarnegara

14 Unit Huntara Diserahkan Pada Warga Korban Bencana Tanah Longsor di Banjarnegara

Bantuan huntara bagi warga korban bencana tanah longsor di Desa Sipedang Kecamatan Banjarmangu. -PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyerahkan 14 unit hunian sementara (huntara) dan sembako, kepada warga terdampak bencana longsor di Kabupaten Banjarnegara bulan lalu.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto menjelaskan, saat ini huntara untuk warga terdampak bencana sudah selesai pembangunanya.

Adapun lokasi pembuatan hunian sementara untuk korban bencana tersebar di beberapa lokasi diantaranya di Desa Sipedang  Kecamatan Banjarmangu sebanyak 8 Unit untuk 8 KK. 

"Lokasi huntara lainnya di Desa Tlaga Kecamatan Punggelan sebanyak 3 unit untuk 4 KK. Sedangkan Huntap di  Desa Aribaya Kecamatan Pagentan sebanyak 1 unit untuk 2 KK, sementara di Desa Kalitlaga Kecamatan Pagentan diberikan huntara kepada 2 KK sebanyak 2 unit huntara, total penerimamanfaat hunian sementara berjumlah 166 atau 58 jiwa,” kata Aris, Sabtu (16/3/2024).

BACA JUGA:Banyak Keluhan Balap Liar, Polres Banjarnegara Perketat Patroli Kamtibmas

BACA JUGA:Candi Bima, Keajaiban Arsitektur yang Mempesona di Puncak Dieng

Lanjut aris, para korban bencana yang menempati huntara juga dibekali dengan paket permakanan,selimut,karpet tikar dan hygine kit.

Sedangkan dari Dinas Sosial membekali mereka dengan Kasur, alat dapur, paket sandang dan sembako.

Untuk penanganan selanjutnya korban bencana di Desa Kalitlaga dan Desa Nagasri Kecamatan Pagentan, BPBD akan membuat huntara sebanyak 35 untit.

Sedangkan untuk Desa Klaitlaga akan dibangun huntara sebanyak 16 unit dan untuk Desa Nagasari sebanyak 19 unit.

“Kami berharap para korban bencana bisa lebih tenang tinggal di huntap dan bisa beraktifitas seperti biasa lagi sambil menungu penanganan lanjutan yaitu pembuatan hunian tetap,“ tambahnya.

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, sambil menunggu hunian tetap yang masih dalam tahap uji lokasi.

Pihaknya meminta kepada warga korban bencana, agar bisa merawat dengan baik hunian sementara dengan baik.

“Kepala desa kami minta untuk melakukan pendampingan lanjutan kepada para penghuni huntara,” kata Tri Harso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: