Tips Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Tips Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Banyak tertawa merupakan salah satu tips untuk menjaga dan juga meperbaiki kesehatan mental yang mudah untuk dilakukan.-Fahma Ardiana-

7. Mengobrol dengan Orang Lain

Berbicara dengan orang lain membuat Anda merasa lebih baik dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Ajaklah pasangan, teman, kolega, dan keluarga Anda untuk membicarakan perasaan, pikiran, emosi, dan pengalaman Anda.

8. Makan Makanan yang Bergizi

Menjaga kesehatan fisik juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan mental. Sebab, kondisi fisik dan mental tidak bisa dipisahkan.

Oleh karena itu, usahakan makan makanan bergizi setiap hari, perbanyak makan buah dan sayur, serta penuhi kebutuhan cairan. Anda juga harus menghindari makanan cepat saji dan makanan yang terlalu manis, serta menghindari konsumsi alkohol dan tembakau.

9. Tetap Aktif

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan rasa percaya diri. Aktivitas fisik juga dapat membantu Anda berkonsentrasi, bersikap positif, dan menjaga kesehatan mental. Berolahragalah selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu.

10. Tidur yang Cukup

Kurang tidur membuat Anda lebih mudah merasa stres dan depresi. Usahakan selalu tidur yang cukup, 6-8 jam sehari.

Anda juga dapat mempraktikkan kebersihan tidur setiap malam dengan tidur di ruangan yang gelap atau gelap, tidak menggunakan ponsel sebelum tidur, dan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Itu tadi beberapa tips menjaga dan memperbaiki kesehatan mental yang dapat Anda lakukan. Jika Anda merasa masalah kesehatan mental Anda sangat menyusahkan, jangan ragu untuk menghubungi profesional, seperti psikiater atau psikolog, untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: