Tips Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Tips Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Banyak tertawa merupakan salah satu tips untuk menjaga dan juga meperbaiki kesehatan mental yang mudah untuk dilakukan.-Fahma Ardiana-

Kebiasaan membuat catatan harian atau menulis alias journaling diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mental. Anda bisa menuliskan pikiran, perasaan, dan stres yang Anda alami.

Anda juga dapat menjelaskan masalahnya secara tertulis. Ini membantu Anda mengendalikan emosi dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

BACA JUGA:Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

BACA JUGA:Pengertian serta Gejala Gangguan Kesehatan Mental ADHD

3. Menghabiskan Waktu untuk Menikmati Alam

Kebosanan saat bekerja di dalam ruangan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental. Jika memungkinkan, menjauhlah dan nikmati alam. 

Anda bisa menjaga dan memperbaiki kesehatan mental dengan keluar ke teras rumah atau taman kecil di sekitar rumah. Memerhatikan tumbuhan dan hewan di sekitar anda membuat anda merasa rileks dan menjaga kesehatan mental anda.

4. Lebih Sering Tertawa

Saat Anda tertawa, tubuh Anda melepaskan hormon endorfin seperti dopamin, yang menimbulkan perasaan aman dan gembira. Jika Anda ingin tertawa, tonton video komedi, penampilan stand-up comedian favorit Anda, atau dengarkan podcast lucu, karena hal-hal jenaka ini akan membuatmu tertawa dan merasa senang.

5. Mengucapkan Kalimat Positif

Hindari bersikap terlalu kritis terhadap diri sendiri dan gantikan dengan kalimat afirmatif yang lebih positif. Ini akan membantu Anda mengendalikan pola pikir dan menghindari pikiran negatif.

Bahkan kata-kata sederhana seperti "Saya berhasil melewati hari ini" atau "Saya melakukan yang terbaik" dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda.

6. Batasi Penggunaan Gadget

Kebiasaan scrolling gadget di media sosial secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental Anda. Akibatnya, kita akhirnya membandingkan diri kita dengan orang lain, sehingga menimbulkan berbagai pikiran negatif.

Jadi mulailah membatasi penggunaan ponsel Anda. Simpan ponsel Anda di malam hari, setidaknya satu jam sebelum tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: