Harga Sejumlah Komoditas Sembako di Purbalingga Mulai Turun

Harga Sejumlah Komoditas Sembako di Purbalingga Mulai Turun

TURUN HARGA: Komoditas bawang merah harganya mulai turun di awal bulan Ramadan ini.-Aditya/Radarmas-

 

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Harga sejumlah komoditas sembako yang sempat naik pada awal bulan Ramadan, mulai turun. Komoditas sembako yang mulai turun harga, diantaranya adalah daging ayam ras dan cabai.

 

Fungsional Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga Martha Dwi Budiarti mengungkapkan, hal tersebut kepada Radarmas, Senin, 18 Maret 2024.

 

"Hasil pantauan kami hari ini (Senin, 18 Maret 2024, red), harga komoditas daging ayam (ras) dan cabai mulai turun," katanya.

 

Dia menjelaskan, harga daging ayam ras turun Rp 2 ribu per kilogram. Sebelumnya, dijual dengan harga Rp 40 ribu per kilogram. Saat ini dijual dengan harga Rp 38 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Memasuki Bulan Ramadan, Harga Sejumlah Komoditas Sembako di Purbalingga Masih Tinggi

BACA JUGA:Pengelola Kampung Nopia Bagikan Sembako ke Warga Sekitar dari hasil Wisata

 

"Komoditas sembako lainnya harganya turun adalah cabai. Bahkan, harga komoditas cabai sudah mulai turun, sejak beberapa hari terakhir," ujarnya.

 

Cabai merah besar atau teropong mengalami penurunan harga yang cukup siginifikan. Yakni, dari harga Rp 50 ribu per kilogram, menjadi Rp 37.500 per kilogram atau terjadi penurunan Rp 12.500 per kilogram.

 

Harga cabai merah keriting juga turun dari Rp 52 ribu per kilogram menjadi Rp 39.500 per kilogram atau terjadi penurunan harga Rp 12.500 per kilogram.

 

Cabai rawit merah juga mengalami penurunan harga. Yakni, dari harga Rp 52.500 per kilogram menjadi Rp 41.500 per kilogram atau turun Rp 11 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Harga Cabai di Purbalingga Melejit, Sembako Lainnya Mulai Merangkak Naik

BACA JUGA:Stok Sembako di Pasar Melimpah, Pembeli di Purbalingga Lesu

 

Komoditas cabai yang tidak mengalami penurunan harga, hanya terjadi pada cabai rawit hijau. Komoditas cabai ini harganya masih tetap dijual dengan harga Rp 35 ribu per kilogram.

 

Penurunan harga juga terjadi pada komoditas bawang merah. Harga bawang merah turun Rp 1.000 per kilogram, yakni dari harga Rp 32.500 per kilogram menjadi Rp 31.500 per kilogram.

 

Komoditas beras juga sudah mulai turun. Beras jenis IR medium dijual Rp 14.800 per kilogram, dari sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram atau turun Rp 200 per kilogram.

 

Harga kedelai impor juga turun, dari Rp 12.100 per kilogram menjadi Rp 10.800 per kilogram atau terjadi penurunan Rp 1.300 per kilogram.

BACA JUGA:IPH Kabupaten Purbalingga Naik Harga Komoditas Mulai Mahal, Dinperindag Klaim Masih Wajar

BACA JUGA:Harga Daging Ayam Ras di Majenang Tinggi

 

Meski sejumlah komoditas sembako mulai mengalami penurunan harga. Terdapat komoditas yang harganya mulai merangkak naik di bulan Ramadan ini. Yakni, minyak curah.

 

Komoditas ini mengalami kenaikan harga Rp 180 per kilogram. Saat ini, minyak curah tanpa merek dijual dengan harga Rp 14.850 per kilogram, sebelumnya dijual Rp 14.670 per kilogram. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: