Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

Masalah Kesehatan Mental pada Mahasiswa

Beberapa masalah kesehatan mental yang biasa terjadi dan dialami oleh kalangan mahasiswa.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Cara Mudah Vakum Media Sosial Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berbagai gangguan makan seperti anoreksia, bulimia, dan juga binge eating atau makan tidak terkendali merupakan masalah gangguan kesehatan mental yang cukup sering terjadi pada mahasiswa.

Umumnya mereka mengalami stres berat karena stres yang terus-menerus menumpuk dan tinggal jauh dari orang tua.

4. Menyakiti Diri Sendiri

Perilaku menyakiti diri sendiri atau melukai diri sendiri pada bagian tubuh yang tidak terlihat sering kali terjadi sebagai respons terhadap tingkat stres atau tekanan yang sangat tinggi karena gangguan kesehatan mental.

BACA JUGA:6 Kesalahan Keluarga Saat Ada yang Terkena Gangguan Kesehatan Mental, Jangan Sampai Keliru Bisa Makin Parah

BACA JUGA:5 Cara yang Efektif untuk Mengatasi Permasalahan Kesehatan Mental

Hal ini dikonfirmasi dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Cornell University dan Princeton University, yang menemukan bahwa sekitar 20% mahasiswi dan 14% mahasiswi melakukan tindakan menyakiti diri sendiri.

5. Penyalahgunaan Narkoba dan Alkohol

Masalah gangguan kesehatan mental umum lainnya di kalangan pelajar atau mahasisea adalah penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Hal ini merupakan permasalahan besar yang pada akhirnya berujung pada kecelakaan dan pelecehan seksual di kalangan pelajar.

6. Insomnia

Meski tanpa penyakit mental, insomnia atau gangguan tidur pada remaja terutama mahasiswa dapat menjadi gejala dari berbagai masalah kesehatan mental pada pelajar. Jika insomnia terus berlanjut, hal ini juga dapat menyebabkan masalah fisik yang serius.

7. ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan kelainan yang terjadi pada otak dan dapat mempengaruhi fungsi dan perkembangan otak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh tuntutan dan tekanan belajar sehingga semakin sulit mengendalikan gejala ADHD pada remaja.

Itulah dia beberapa masalah kesehatan mental pada mahasiswa. Selalu waspada jika mengalami beberapa masalah seperti di atas, dan harus segera ditangani. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: