Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

Apa Itu OCD ? Inilah Penjelasan Lengkap Tentang Gangguan Kesehatan Mental OCD

Penjelasan lengkap tentang apa itu gangguan kesehatan mental OCD dan juga penyebab serta pengobatannya.-Fahma Ardiana-

Beberapa pilihan pengobatan untuk mengobati OCD meliputi:

1. Psikoterapi

Psikoterapi terapi perilaku kognitif (CBT) dipercaya dapat membantu penderita OCD mengubah pola pikirnya. Dokter menempatkan pasien dalam situasi yang dimaksudkan untuk menyebabkan atau mendorong perilaku kompulsif.

2. Relaksasi

Teknik relaksasi dapat dilakukan melalui metode sederhana seperti meditasi, yoga, dan pijat. Cara ini membantu pasien mengatasi gejala OCD terkait stres.

3. Obat-obatan

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat psikiatris yang disebut inhibitor reuptake serotonin selektif. Obat ini membantu pasien mengendalikan obsesi dan kompulsinya. Namun, mungkin diperlukan waktu 2 hingga 4 bulan agar obat ini mulai bekerja.

4. Neuromodulasi

Dalam kasus yang jarang terjadi, ketika pengobatan dan pengobatan tidak memberikan perbaikan, dokter mungkin mendiskusikan pengobatan neuromodulasi untuk orang yang terkena. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan alat yang dapat mengubah aktivitas listrik di area tertentu di otak.

Stimulator magnet transkranial ini menggunakan medan magnet untuk menstimulasi sel saraf. Prosedurnya menjadi lebih kompleks bila melibatkan stimulasi otak dalam, yaitu stimulasi dengan elektroda yang ditanamkan di kepala.

5. Stimulasi Magnetik Transkranial

Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan alat non-invasif yang dipasang di atas kepala. Perangkat ini mengarahkan medan magnet untuk menargetkan bagian otak tertentu yang memodulasi gejala OCD.

Itulah dia penjelasan lengkap tentang apa itu gangguan kesehatan mental OCD dan juga penyebab serta pengobatannya. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: