Sering Berteriak Sendiri, Apakah Gejala Gangguan Kesehatan Mental?

Sering Berteriak Sendiri, Apakah Gejala Gangguan Kesehatan Mental?

Sering Berteriak Sendiri, Apakah Gejala Gangguan Kesehatan Mental?-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam konteks kesehatan mental, tindakan berteriak sendiri sering kali dianggap sebagai salah satu tanda atau gejala yang mengindikasikan adanya gangguan kesehatan mental

Berteriak sendiri secara spontan dengan mengeluarkan suara keras tanpa adanya stimulus eksternal yang jelas. Apakah hal itu merupakan sebuah gejala gangguan kesehatan mental? 

Berteriak sendiri sering kali dianggap sebagai perilaku yang aneh. Dalam masyarakat, tindakan berteriak sendiri di tempat umum sering kali dianggap tidak pantas dan menimbulkan perhatian. 

Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa individu tersebut mungkin mengalami kesulitan dalam mengontrol emosi, yang dapat terkait dengan gangguan kesehatan mental seperti gangguan bipolar atau gangguan impulsif.

BACA JUGA:Langkah Menghindari Gangguan Kesehatan Mental dalam Proses Belajar Anak

BACA JUGA:Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental pada Lansia

Berteriak sendiri juga dapat menjadi ekspresi dari distress emosional yang mendalam. Individu yang mengalami gangguan kesehatan mental sering kali mengalami tingkat stres yang tinggi.

Studi telah menunjukkan bahwa berteriak sendiri dapat terkait dengan berbagai gangguan kesehatan mental. Misalnya, pada beberapa kasus, berteriak sendiri dapat menjadi gejala dari gangguan psikotik.

Penting untuk diingat bahwa berteriak sendiri bukanlah gejala yang spesifik untuk satu jenis gangguan kesehatan mental tertentu, dan bisa menjadi hasil dari berbagai faktor. 

Namun demikian, jika perilaku berteriak sendiri terjadi secara terus-menerus, berulang, atau disertai dengan gejala lain maka penting untuk mencari bantuan profesional dari psikolog. 

Gangguan Kesehatan Mental

Berteriak sendiri dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan mental. Fenomena ini dapat termasuk ke beberapa gangguan kesehatan mental. Di antara gangguan-gangguan tersebut adalah:

BACA JUGA:Inilah Beberapa Tanda Adanya Gangguan Kesehatan Mental pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: