6 Ciri Gangguan Mental pada Remaja yang Wajib Orang Tua Ketahui!

6 Ciri Gangguan Mental pada Remaja yang Wajib Orang Tua Ketahui!

Gangguan Mental pada Remaja-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ciri gangguan mental pada remaja sering kali diabaikan karena dianggap sebagai hal yang lumrah terjadi selama masa pubertas. Namun, jika tidak ditangani dengan serius, situasi ini dapat berdampak negatif pada perkembangan emosi, kehidupan sosial, dan kesehatan fisik para remaja.

Gangguan mental sudah dapat muncul pada usia remaja. Diperkirakan sekitar 49,5% remaja usia 13–18 tahun mengalami gangguan mental, dan 22,2% di antaranya mengalami gangguan mental yang berat.

Beberapa masalah kesehatan mental yang umum terjadi pada remaja meliputi PTSD, ADHD, gangguan kecemasan umum, gangguan makan, skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi.

Tidak jarang gangguan kesehatan mental pada remaja dapat menyebabkan tindakan bunuh diri. Bahkan, sekitar 47% kasus bunuh diri di Indonesia terjadi pada anak usia remaja dan dewasa muda. 

BACA JUGA:6 Gejala Gangguan Mental yang Jarang Diketahui dan Sering Diremehkan

BACA JUGA:Sederhana Banget! Inilah Tips Menjaga Kesehatan Mental

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami ciri-ciri gangguan mental pada remaja.

6 Ciri Gangguan Mental pada Remaja

Mendeteksi ciri-ciri gangguan mental pada remaja memang bukan hal yang mudah. Banyaknya perubahan dan tantangan baru yang dihadapi dapat memicu perubahan perilaku atau suasana hati pada anak remaja.

Meskipun begitu, perubahan tersebut tidak dapat dianggap biasa lagi jika sudah mengganggu kehidupan sehari-hari dan tidak sesuai dengan perkembangan usianya.

Setiap anak memiliki ciri-ciri gangguan mental yang berbeda, tergantung pada usia, jenis penyakit yang diderita, dan tingkat keparahannya. Namun, secara umum, anak remaja dengan gangguan mental akan menunjukkan tanda-tanda berikut:

BACA JUGA:8 Tips Efektif Meningkatkan Kesehatan Mental

BACA JUGA:7 Ciri Orang Bermental Kaya yang Wajib Anda Kenali, Bukan Sekadar Punya Uang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: