4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa agar Bangun Lebih Segar dan Bermakna!

4 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa agar Bangun Lebih Segar dan Bermakna!

Optimalkan kesehatan mental dengan tidur berkualitas. Tidur yang cukup dan teratur dapat mencegah gangguan kesehatan mental secara efektif.-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Selama berpuasa, seringkali pola tidur kita menjadi tidak teratur bukan? Terkadang kita mudah mengantuk di pagi hari atau sulit tidur saat malam tiba.

Namun, jangan biarkan hal ini terus berlanjut! Agar kegiatan kita selama Ramadan tetap lancar, mari kita lihat tips mengatur jam tidur saat puasa dalam artikel ini.

Biasanya, pola tidur selama puasa dapat berubah karena jadwal buka dan sahur. Jika kita makan berlebihan hingga larut malam saat berbuka, kita bisa terlambat tidur. Apalagi jika kita harus bangun dini hari untuk sahur.

Jika tidak ditangani dengan baik, pola tidur yang kacau selama puasa dapat mengurangi jumlah dan kualitas tidur kita. Hal ini dapat menyebabkan rasa kantuk yang parah di pagi hingga siang hari, yang pada akhirnya bisa membuat kita kehilangan fokus, menurunkan produktivitas, dan bahkan mengganggu ibadah puasa kita.

BACA JUGA:Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Berpuasa

BACA JUGA:7 Kebiasaan Tidak Sehat yang Perlu Kamu Hindari Selama Berpuasa, Kenali dan Cegah!

Pola tidur yang tidak teratur juga dapat memengaruhi hormon ghrelin dan leptin yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Ketidakseimbangan kedua hormon tersebut dapat menyebabkan kita makan secara berlebihan. Akibatnya, berat badan kita bisa naik selama bulan puasa.

Tips Mengatur Jam Tidur Selama Puasa

Mengatur jam tidur selama berpuasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kita harus bangun di tengah malam untuk sahur, kemudian tetap beraktivitas pada pagi harinya. Tentu saja, hal ini bisa sangat melelahkan.

Untuk menjaga agar pola tidur tetap teratur dan mengurangi risiko masalah kesehatan akibat perubahan jadwal tidur, berikut adalah cara mengatur jam tidur yang bisa diikuti:

1. Tetapkan Jadwal Tidur dan Bangun yang Konsisten

Untuk menjaga kualitas dan kuantitas tidur selama bulan puasa, penting untuk membuat jadwal tidur dan bangun yang konsisten dengan memperhitungkan kebutuhan tidur Anda.

BACA JUGA:Cara Menjaga Cairan Tubuh Tetap Terjaga Saat Menjalankan Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: