7 Kebiasaan Tidak Sehat yang Perlu Kamu Hindari Selama Berpuasa, Kenali dan Cegah!

7 Kebiasaan Tidak Sehat yang Perlu Kamu Hindari Selama Berpuasa, Kenali dan Cegah!

Ragam Kebiasaan Tidak Sehat Saat Berpuasa-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di bulan Ramadan, terdapat beberapa kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan tanpa disadari. Hal ini karena kebiasaan tersebut dapat mengurangi manfaat puasa dan mengakibatkan masalah kesehatan yang bermacam-macam.

Apa saja kebiasaan tidak sehat tersebut? Mari kita telusuri pembahasannya di bawah ini.

Berpuasa selama bulan Ramadan merupakan kewajiban ibadah bagi umat Islam yang berlangsung selama 28-30 hari. Ibadah ini dilakukan dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu mulai dari sebelum matahari terbit hingga terbenam.

Dari segi kesehatan, menjalankan ibadah puasa dapat membawa beberapa manfaat, seperti penurunan berat badan, peremajaan tubuh, serta mengurangi risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.

BACA JUGA:7 Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa, Sumber Energi Cepat!

BACA JUGA:Proses Autofagi di Bulan Puasa, Sangat Menyehatkan

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa puasa memberikan manfaat bagi kesehatan otak dan kejiwaan. Puasa diduga mampu melawan penyakit degeneratif yang mengenai otak, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Ragam Kebiasaan Tidak Sehat Saat Berpuasa

Saat menjalani ibadah puasa, ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang sebaiknya dihindari karena dapat berdampak buruk pada kesehatan. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari selama bulan puasa:

1. Melewati Sahur

Sarapan sahur biasanya dilakukan pada pukul 3-4 pagi, yang memerlukan bangun lebih awal dari biasanya. Kebanyakan orang sering melewatkan sahur karena kantuk dan malas bangun pagi.

Melewati sahur akan memperpanjang waktu berpuasa, menyebabkan cadangan nutrisi dan energi tidak mencukupi hingga waktu berbuka. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, lemas, penurunan gula darah, dan sakit kepala.

BACA JUGA:Resep Sahur 10 Menit Dengan Sup Krim Ayam Jagung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: