Hijaukan Pantai, PT PLN EPI Tanam 5.000 Cemara Laut di Pantai Bunton

Hijaukan Pantai, PT PLN EPI Tanam 5.000 Cemara Laut di Pantai Bunton

PJ Sekda Cilacap Sujito berama Sekretaris PT PLN Energi Primer Indonesia, melakukan penanaman Cemara Lautc di Pantai Bunton, Kamis (7/3/2024).-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) mewujudkan upaya pelestarian lingkungan melalui Pencanangan Pencanangan Kajian Sosial Program Pemberdayaan Ekowisata Mangrove dan Penanaman 5.000 pohon Cemara Laut di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (7/3/2024).

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Sujito mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah PLN EPI dengan PLTU Adipala PT Indonesia Power Jawa Tengah II dalam upaya  pelestarian lingkungan di Kabupaten Cilacap. 

"Melalui kegiatan pelestarian lingkungan ini, tentunya akan menjaga Pantai Bunton agar terhindar dari kerusakan abrasi pantai. Harapannya dengan tumbuhnya kawasan Pantai Bunton dengan cemara laut, akan terjaga kelestariannya dan menjadi tempat destinasi wisata di Cilacap," kata Sujito.

Disisi lain, pihaknya berharap kelestarian pesisir pantai selatan Cilacap bisa dipelihara dan dikembangkan. Untuk itu, dengan adanya penanaman pohon cemara laut dan juga mangrove pihaknya mengajak seluruh pihak untuk terus menjaga agar Cilacap semakin nyaman dan lestari.

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Siapkan Kebijakan untuk Ekonomi Cilacap

BACA JUGA:Waspada Cuaca Buruk Berpotensi di Cilacap

Sekretaris Perusahaan PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), Mamit Setiawan mengatakan, penanaman cemara laut merupakan kolaborasi antara PLN EPI dengan PLTU Adipala PT Indonesia Power Jawa Tengah II, sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Selain itu, melalui penanaman tersebut juga akan berdampak bagi perekonomian masyarakat melalui pengembangan kawasan ekowisata di Pantai Cemara Sewu, Bunton.

"Kita tidak hanya menyediakan listrik, tetapi kita juga ikut serta dalam menjaga melestarikan lingkungan. Kita juga akan melihat sejauh mana projek desa ekowisata ini mampu membangun ekonomi masyarakat. Karena di beberapa daerah, hal ini bisa memberikan dampak ekonomi signifikan untuk masyarakat sekitar," ujarnya.

Mamit menambahkan, pada penanaman ini, pihaknya juga berkoordinasi dengan TNI AD ini, selaku pemilik lahan. Kerjasama secara berkelanjutan juga akan terus ditingkatkan agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

Sementara itu Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Yuliazi, melalui Danramil Adipala Kapten Sueb, menyampaikan TNI AD sangat mendukung kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh PLN EPI di sepanjang pesisir Pantai Bunton Adipala.

"Angkatan Darat sangat mensupport, kita berharap dengan penanaman ini akan memperkecil potensi bencana yang ada di Kecamatan Adipala," pungkasnya. (ray/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: