Waspada Cuaca Buruk Berpotensi di Cilacap

Waspada Cuaca Buruk Berpotensi di Cilacap

Suasana malam di Kecamatan Kroya setelah hujan.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang, masih berpotensi di Kabupaten CILACAP. Bahkan dapat disertai dengan petir atau kilat. 

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Teguh Wardoyo mengatakan, potensi tersebut dapat terjadi pada Maret 2024 ini.

Dia meminta masyarakat yang hendak beraktivitas di luar rumah, untuk selalu waspada serta mengantisipasi sedini mungkin potensi bencana yang akan terjadi.

"Waspada ada hujan deras disertai angin kencang. Terutama saat sore hari biasanya muncul awan cumulonimbus merupakan awan yang bercampur dengan petir dan hujan lebat," kata dia.

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Siapkan Kebijakan untuk Ekonomi Cilacap

BACA JUGA:Kroya Semakin Macet, Dukungan Flyover Terus Mengalir

Selain itu, pola angin di wilayah bagian selatan dominan bergerak dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 4-25 knot. 

Pola gerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi tersebut, menurutnya, berpotensi meningkatkan tinggi gelombang di laut Jabar-DIY.

"Pola angin seperti ini, terutama jika bergerak searah dengan kecepatan yang tinggi, dapat meningkatkan ketinggian gelombang. Untuk tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap saat ini katagori tinggi, 2,5 sampai 4,0 meter," katanya.

Untuk itu, bagi masyarakat yang berwisata ke pantai maupun pengguna jasa kelautan diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di laut. 

"Meskipun saat ini bukan waktu liburan, namun biasanya masyarakat memanfaatkan momentum menjelang puasa Ramadhan dengan berwisata bersama keluarga khususnya ke pantai, jadi perlu di waspadai saat bermain di pantai," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: