Menaklukkan Dampak Putus Cinta dan Langkah-Langkah Praktis yang Bisa Dilakukan

Menaklukkan Dampak Putus Cinta dan Langkah-Langkah Praktis yang Bisa Dilakukan

Dampak Putus Cinta-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Putus cinta memang sangat menyakitkan. Tak hanya memberi tekanan psikologis, pengalaman ini juga bisa memengaruhi keadaan fisik individu yang mengalaminya.  

Meskipun demikian, ada banyak cara untuk melanjutkan kehidupan setelah perpisahan yang dapat dilakukan agar kembali normal.

Perpisahan dalam hubungan asmara mirip dengan menarik perban dari luka terbuka. Sedih, marah, dan kekecewaan seringkali meliputi pikiran dan perasaan untuk jangka waktu yang cukup lama. Namun, jangan pernah meremehkan dampak putus cinta, karena perasaan sakit yang muncul dapat memengaruhi kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Beragam Dampak Putus Cinta

Menyudahi hubungan asmara tidaklah mudah dan seringkali menyakitkan. Meskipun beberapa individu dapat menerima kenyataan dan beralih dengan cepat, namun ada yang bahkan bisa terjatuh ke dalam depresi. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Menerapkan Closure yang Positif saat Memutuskan Hubungan? Ikuti 5 Tips Ini

BACA JUGA:Simak! Tanda-tanda Micro Cheating yang Mungkin Sudah Terjadi dalam Hubungan Anda

Risiko ini semakin tinggi terutama jika perpisahan terjadi tiba-tiba tanpa adanya penutupan yang memadai. Bahkan, putus cinta diduga dapat mengubah fungsi kognitif seseorang.

Merasa sedih dan terkejut adalah dampak putus cinta yang wajar dialami. Namun, sebenarnya putus cinta bisa menghasilkan dua jenis reaksi, yaitu reaksi yang sehat dan tidak sehat. Berikut adalah beberapa dampak putus cinta:

  1. Merasa marah dan frustrasi.
  2. Menangis.
  3. Merasa sedih dan takut.
  4. Kesulitan tidur.
  5. Kehilangan minat dan semangat dalam beraktivitas.

Langkah Mengatasi Dampak Putus Cinta 

Meskipun tidak mudah dan terasa menyakitkan, bukan berarti Anda harus terpuruk, menangis sepanjang waktu, atau bahkan menolak makan dan tidur. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjalani proses pemulihan ini dengan lebih baik serta membantu Anda kembali bangkit dan melanjutkan hidup.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Jatuh Cinta bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Bisa Bikin Kulit Cerah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: