6 Mitos Seputar Puasa yang Perlu Diketahui Agar Manfaatnya Tak Tertutupi!

6 Mitos Seputar Puasa yang Perlu Diketahui Agar Manfaatnya Tak Tertutupi!

Mitos Seputar Puasa-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hingga kini, masih banyak anggapan keliru seputar puasa yang dipercayai sebagian masyarakat. Mulai dari anggapan bahwa puasa dapat menimbulkan stres hingga membuat pola makan menjadi berlebihan. 

Ayo kenali mitos seputar puasa yang sebaiknya tidak dipercaya agar kita dapat merasakan manfaat puasa secara optimal.

Puasa tidak hanya merupakan kewajiban ibadah semata. Nyatanya, telah terbukti melalui berbagai penelitian bahwa puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan telah dijadikan sebagai salah satu metode diet yang dikenal dengan puasa intermiten.

Meskipun demikian, di balik manfaat puasa tersebut, masih ada orang yang mempercayai anggapan keliru tentang dampak puasa. Padahal, kebanyakan mitos seputar puasa tidak memiliki bukti yang kuat untuk mendukung kebenarannya.

BACA JUGA:7 Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa, Sumber Energi Cepat!

BACA JUGA:8 Manfaat Ngabuburit, Bulan Puasa Jadi Lebih Berkesan

Fakta di Balik Mitos Seputar Puasa

Berikut adalah beberapa mitos keliru seputar puasa beserta fakta yang perlu kamu pahami dengan baik:

1. Puasa Dapat Mempercepat Metabolisme Tubuh

Ada sebuah mitos seputar puasa yang menyatakan bahwa frekuensi makan yang sering dapat mempercepat metabolisme tubuh. Oleh karena itu, ada anggapan bahwa puasa bisa mengganggu metabolisme dengan mengaktifkan mode kelaparan dan membuat proses metabolisme tubuh menjadi lebih lambat.

Namun, hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Puasa yang dilakukan dengan waktu yang tepat dan tidak berlebihan justru dapat meningkatkan metabolisme. Kenaikan metabolisme ini akan berkontribusi pada pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Akibatnya, berat badan dapat turun dengan signifikan.

2. Olahraga Saat Berpuasa Membuat Tubuh Lemas

Keyakinan bahwa olahraga saat berpuasa akan membuat tubuh lemas adalah sebuah mitos seputar puasa yang salah. Jika dilakukan dengan tepat, olahraga saat berpuasa justru dapat meningkatkan kebugaran dan membantu mengatur berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: